Iran Serang Balik Israel, Menghitung Dampak Ekonomi ke Indonesia

Serangan balik Iran ke Israel atas respons konsulatnya yang dibom bisa berbuntut panjang terhadap perekonomian global termasuk Indonesia. Dampak utamanya terhadap indikator makroekonomi Indonesia.

Tim Redaksi

15 Apr 2024 - 14.42
A-
A+
Iran Serang Balik Israel, Menghitung Dampak Ekonomi ke Indonesia

Ilustrasi konflik Iran dengan Israel./Dall-E

Bisnis, JAKARTA — Pada Sabtu (13/4/2024) malam, Iran melancarkan serangan ke Israel sebagai respons atas serangan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus, Suriah, awal bulan ini, Senin (1/4/2024).

Serangan Iran ke Israel untuk pertama kalinya itu menandai babak baru dalam perselisihan antara kedua negara yang telah berlangsung selama bertahun-tahun dan terus meningkat sejak Israel menyatakan perang terhadap Hamas pada Oktober 2023 lalu.

Menilai ketegangan tersebut, Ekonom dan Guru Besar FEB UI Mari Elka Pangestu menyebutkan bahwa serangan tersebut juga bisa berpengaruh pada ekonomi Indonesia, meskipun belum jelas seperti apa langkah-langkah kedua negara tersebut selanjutnya. 

"Perkiraannya eskalasinya kemungkinan rendah, karena tidak ada yang mau terjadi eskalasi yang akan merugikan, termasuk ke Amerika, karena akan ada banyak sumber daya yang harus dikeluarkan, terlebih tahun ini juga tahun pemilihan umum di AS," ungkapnya dalam webinar Eisenhower Fellowships Indonesia x IDN Times, Senin (15/4/2024). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.