Ironi Bahan Pangan Impor Jemaah Haji

Jemaah haji Indonesia yang cukup besar mencapai 241.000 orang semestinya dapat memberikan keuntungan bagi Indonesia dari penyelenggaraan haji setiap tahunnya.

Fatkhul Maskur

10 Jun 2024 - 17.05
A-
A+
Ironi Bahan Pangan Impor Jemaah Haji

Tenda Jemaah Haji Indonesia. - Foto Ist

Bisnis, JAKARTA - Bahan makanan impor dari Thailand untuk jemaah haji Indonesia menjadi sorotan. Selain masalah peluang cuan yang hilang, fenomena tersebut tak selaras dengan strategi gastrodiplomacy sejak beberapa tahun terakhir digencarkan.

Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR, Sabtu (8/6/2024), melakukan inspeksi terhadap makanan yang disediakan oleh Nooha for Catering Services Company Al Hijrah di Distric Syuran, Sy.Qubaa.

Dalam pengecekan di Madinah itu, Anggota Timwas Haji DPR Luluk Nur Hamidah menyoroti penggunaan bahan makanan impor dari Thailand untuk jemaah haji Indonesia. Ia pun menyayangkan kurangnya upaya pemerintah dalam mendukung produktivitas petani Indonesia.

"Kami sangat menyayangkan mengingat jumlah jemaah haji kita yang sangat besar. Mengapa tidak ada langkah serius dari pemerintah untuk mendukung produktivitas petani sendiri?" ujar Luluk seperti dilansir dpr.go.id, Ahad (9/6/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.