Ironi BUKA, Tokopedia & Shopee Menjadi Sarang Pembajakan

USTR menuding 3 platform dagang-el paling dominan di Indonesia sebagai perusahaan yang masuk daftar pengawasan ketat Pemerintah AS akibat terlalu banyak menjual barang palsu dan bajakan. Ini menjadi tamparan bagi RI di balik gembar-gembor kemajuan industri e-commerce nasional.

Wike D. Herlinda

23 Feb 2022 - 20.00
A-
A+
Ironi BUKA, Tokopedia & Shopee Menjadi Sarang Pembajakan

Konsumen tengah membuka situs jual beli online/Bisnis

Bisnis, JAKARTA — Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee tercatut dalam daftar pengawasan Pemerintah Amerika Serikat lantaran dituding marak memperdagangkan barang bajakan. Hal ini menjadi refleksi problem krusial yang luput dari gembar-gembor kemajuan industri dagang-el Tanah Air.

Dalam laporan United States Trade Representative (USTR) berjudul 2021 Review of Notorious Markets for Counterfeiting and Piracy (the Notorious Markets List) disebutkan ketiga perusahaan lokapasar (marketplace) dominan yang beroperasi di Indonesia itu diawasi karena diduga menjual atau menyediakan barang palsu atau hasil pembajakan.

(BACA JUGA: Berbagi Kue Pasar E-grocery bagi Pendatang Baru Dagang-el)

Paparan yang dilansir medio Februari tersebut merupakan hasil pantauan dari pemerintah AS sepanjang 2021. Selain ketiga raksasa dagang-el Asia Tenggara itu, laporan tersebut memuat 42 perusahaan atau platform digital yang sedang dalam pengawasan Negeri Paman Sam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.