ITSK Masuk RUU PPSK, Jaminan Masa Depan Fintech

Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK) masuk ke dalam ruang lingkup ekosistem sektor keuangan dalam omnibus law keuangan atau Rancangan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan atau RUU PPSK. Langkah itu dilakukan demi menjamin masa depan bisnis fintech.

Asteria Desi Kartikasari

13 Des 2022 - 17.38
A-
A+
ITSK Masuk RUU PPSK, Jaminan Masa Depan Fintech

Ilustrasi fintech. /Freepik

Bisnis, JAKARTA—Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK) masuk ke dalam ruang lingkup ekosistem sektor keuangan dalam omnibus law keuangan atau Rancangan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan  atau RUU PPSK. Langkah itu dilakukan demi menjamin masa depan bisnis fintech. 

Adapun ITSK sendiri merupakan inovasi berbasis teknologi yang berdampak pada produk, aktivitas, layanan, dan model bisnis dalam ekosistem keuangan digital. Demikian bunyi beleid yang tertuang pada Bab I Pasal 1 ayat (4) di dalam draf RUU PPSK versi 5.0 yang diterbitkan pada Kamis (8/12/2022).

Ruang lingkup ITSK terdiri atas sistem pembayaran, penyelesaian transaksi surat berharga, penghimpunan modal, pengelolaan investasi, dan pengelolaan risiko. Selain itu juga penghimpunan dan/atau penyaluran dana, pendukung pasar, aktivitas terkait aset keuangan digital termasuk aset kripto, dan aktivitas jasa keuangan digital lainnya.

Kepala Eksekutif Group Inovasi Keuangan Digital Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Triyono Gani menilai kehadiran RUU PPSK memberikan kedudukan yang kuat di dalam ITSK. Dia berujar otoritas menyambut baik RUU tersebut dan berharap segera mungkin dampat menjadi pedoman pelaku bisnis. Kondisi tersebut dapat menjadi kabar baik di tengah Bulan Fintech Nasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.