Free

Jacob Rothschild, Bankir Keluarga Pencetus Israel Meninggal Dunia

Jacob meninggal dunia di usia 87 tahun. Keluarga Rothschild diperkirakan memiliki kekayaan sekitar £825 juta atau sekitar Rp16,35 triliun, menurut Sunday Times Rich List tahun lalu.

Tim Redaksi

28 Feb 2024 - 07.18
A-
A+
Jacob Rothschild, Bankir Keluarga Pencetus Israel Meninggal Dunia

Jacob Rothschild./Bloomberg

Bisnis, JAKARTA - Lord Jacob Rothschild, investor dan anggota keluarga perbankan Rothschild, meninggal dunia pada usia 87 tahun.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, keluarganya menyebut Lord Rothschild sebagai "kehadiran yang menonjol dalam kehidupan banyak orang".

Kariernya dimulai di bank keluarga, NM Rothschild & Sons, sebelum ia mulai memulai wealth management fund sendiri pada tahun 1989.

Keluarga Rothschild diperkirakan memiliki kekayaan sekitar £825 juta atau sekitar Rp16,35 triliun, menurut Sunday Times Rich List tahun lalu.

Lord Rothschild digambarkan sebagai "seorang investor yang berprestasi luar biasa, seorang pejuang seni dan budaya, seorang pegawai negeri yang setia, seorang pendukung amal yang bersemangat di Israel dan budaya Yahudi, seorang pecinta lingkungan hidup dan teman, ayah dan kakek yang sangat disayangi." dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh keluarganya.

Lahir di Berkshire pada tahun 1936, mendiang pemodal ini menempuh pendidikan di Eton College dan melanjutkan studi sejarah di Christ Church, Oxford.

Dia meninggalkan bank keluarganya untuk membangun kerajaan keuangannya sendiri di Kota London, mendirikan perwalian investasi RIT Capital, yang dia pimpin hingga 2019.

Lord Rothschild juga memegang peran termasuk wakil ketua di BSkyB Television, direktur RHJ International, yang sekarang dikenal sebagai BHF Kleinwort Benson Group, dan merupakan anggota dewan Duchy of Cornwall for the then-Prince of Wales saat itu.

Ia juga dikenal sebagai pegiat seni sejak lama, dan menjadi wali Galeri Nasional antara tahun 1985 dan 1991, serta mengetuai National Lottery Heritage Fund.

Keluarga perbankan Rothschild bermula dari Frankfurt pada abad ke-18, tempat anggota keluarga mereka pindah ke kota-kota di seluruh Eropa untuk membangun bisnis perbankan.

Pada tahun 1815 bank tersebut memperoleh keuntungan besar ketika Nathan Mayer Rothschild membeli obligasi pemerintah Inggris untuk mengantisipasi kekalahan Napoleon di Waterloo.

Jacob Rothschild semasa hidupnya aktif pula dalam kegiatan filantropi./Istimewa

Sepupu Lord Jacob Rothschild, Sir Evelyn de Rothschild, adalah ketua NM Rothschild antara tahun 1976 dan 2003, dan dikatakan telah memberi nasihat kepada Ratu Elizabeth II mengenai masalah keuangan.

Melansir Bloomberg, keluarganya mengkonfirmasi kematiannya dalam sebuah pernyataan kepada Press Association.  

Sebagai pewaris generasi ketujuh dari dinasti perbankan terkenal, Rothschild meninggalkan N.M. Rothschild & Sons Ltd. pada 1980 untuk fokus pada Rothschild Investment Trust. Rothschild mengundurkan diri dari perusahaan keluarganya karena perselisihan mengenai arah bisnisnya. 

Setelah membangun bisnisnya keuangannya sendiri,  yang sekarang dikenal sebagai RIT Capital Partners Plc, saat ini menjadi salah satu perusahaan investasi terbesar di Inggris dengan aset bersih sebesar £3,5 miliar (US$4,4 miliar) pada akhir November 2023. 

Mengutip Celebrity Net Worth, Jacob Rothschild meninggalkan kekayaan senilai sekitar US$5 miliar atau sekitar Rp78,30 triliun. 

Baca Juga : Profil Zong Qinghou, Konglomerat China yang Tutup Usia 

Profil Jacob Rothschild

Pria dengan nama lengkap Nathaniel Charles Jacob Rothschild, yang merupakan Baron Rothschild ke-4, lahir pada 29 April 1936 di Berkshire, Inggris.  

Dia adalah putra mendiang Victor Rothschild, Baron Rothschild ke-3. Jacob bersekolah di sekolah asrama bergengsi Eton College. Setelah lulus, dia mendaftar di Christ Church di Universitas Oxford. Dia kemudian memperoleh Penghargaan Kelas Satu dan lulus dengan gelar dalam bidang sejarah.

Pernah jadi Keluarga Terkaya di Dunia

Jacob berasal dari keluarga Rothschild, klan perbankan Yahudi yang berakar di Frankfurt, Jerman. Seiring berjalannya waktu, keluarga tersebut mengembangkan sistem perbankan internasional yang tersebar di kota-kota terpenting di Eropa, termasuk Wina dan London.  

Keluarga Rothschild pernah menjadi keluarga terkaya di dunia dan memiliki kekayaan pribadi terbesar di dunia.  Mereka menjadi sangat berpengaruh dan kaya setelah kekalahan Napoleon, meskipun di zaman modern keluarga tersebut menjadi kurang kaya dan berpengaruh dibandingkan dulu.

Karir bisnis Jacob dimulai pada 1963 ketika dia bekerja di bank milik keluarga, N M Rothschild & Sons di London. Hal ini berlanjut hingga 1980, hingga dia tiba-tiba mengundurkan diri. 

Sebelumnya, sang ayahnya sebenarnya mempunyai kesempatan untuk memimpin bank, namun malah mengejar karir di bidang sains.  Hal ini membuat Rothschild kehilangan kendali atas perusahaan, dan Sir Evelyn Robert de Rothschild yang akhirnya mengambil kursi kosong sebagai ketua dan hak suara mayoritas. 

Karena Jacob merasa bahwa dia tidak akan perna mencapai potensi penuhnya dalam bisnis yang dijalankan oleh Sir Evelyn Robert, dia menjual saham minoritasnya di bank tersebut dan mengambil kendali atas Rothschild Investment Trust.  

Baca Juga : Rahmat Waluyanto, Perintis Pusat Manajemen Obligasi Negara 

Dia kemudian mendirikan J. Rothschild Assurance Group pada 1991, sebuah bisnis manajemen keuangan. Perannya yang paling menonjol dalam dunia bisnis adalah posisinya sebagai Ketua RIT Capital Partners plc. 

Perusahaan ini adalah salah satu perwalian investasi terbesar di Bursa Efek London, dan memiliki nilai bersih sekitar 2 miliar pound sterling. Selain itu, dia juga memimpin sejumlah anak perusahaan di bawah payung RIT Capital Partners plc.

Pada 2003, Jacob juga pernah menjadi Wakil Ketua BSkyB Television, lebih dikenal sebagai "Sky."  Dia juga terlibat dengan perusahaan minyak Rusia selama periode ini, terkenal dengan pembelian saham di perusahaan minyak YUKOS sebelum Mikhail Khodorkovsky ditangkap.  

Dia kemudian membeli 5% saham Genie Energy, sebuah perusahaan yang diberi hak minyak eksklusif di wilayah Dataran Tinggi Golan. Sahamnya bernilai US$10 juta pada saat itu.

Selama karir bisnisnya, Jacob Rothschild mengembangkan hubungan dekat dengan beberapa orang paling berpengaruh di dunia, termasuk Henry Kissinger, Ronald Reagan, Bill Clinton, Margaret Thatcher, Presiden Perancis Francois Mitterand, Warren Buffet, dan bahkan Arnold Schwarzenegger. Akhirnya, Jacob pensiun dari karir bisnisnya pada 2008.(Hafiyyan, Jessica Gabriela Soehandoko, Mutiara Nabila)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.