Jadi Ajang Kampanye, Spanduk Capres 2024 Penuhi Jalur Pemudik

Spanduk yang menampilkan wajah Anies Baswedan, Erick Thohir, hingga Muhaimin Iskandar berjejeran di sepanjang jalan utama Kota Probolinggo hingga Banyuwangi.

Emanuel Berkah Caesario

30 Apr 2022 - 15.28
A-
A+
Jadi Ajang Kampanye, Spanduk Capres 2024 Penuhi Jalur Pemudik

Sejumlah spanduk tokoh politik nasional ramai terpasang di sepanjang jalur mudik Jalan Raya Pantura, Probolinggo-Situbondo, Jawa Tengah, Sabtu (30/04). Ucapan selamat IdulFitri 1443 Hijriah dari tokoh-tokoh tersebut tertulis di spanduk dan melabeli dirinya sebagai Capres 2024, seperti Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar dan Erick Thohir. JIBI/Bisnis/Muhammad Olga

Bisnis, BANYUWANGI — Ratusan spanduk wajah beken Ibu Kota berjejeran sepanjang jalan utama Kota Probolinggo hingga Banyuwangi. Spanduk yang mayoritas berwarna hijau itu mengangkat wajah sejumlah tokoh politik nasional di jalur utama arus mudik yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali.

Tim Jelajah Lebaran Bisnis Indonesia yang hendak melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Jawa Timur mendapati ratusan spanduk bernuansa kampanye calon presiden atau capres teratur cukup rapi di bahu kiri dan kanan jalan.

Setelah keluar dari Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo sekitar pukul 11.00 WIB, Tim Jelajah Lebaran Bisnis Indonesia langsung berjumpa dengan spanduk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sepanjang Kota Probolinggo, Situbondo yang berlanjut hingga Banyuwangi.

Spanduk dengan latar utama hijau itu bertuliskan, Anies Baswedan Calon Presiden 2024 dengan menyematkan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Spanduk kampanye yang memperlihatkan wajah Anies Baswedan. JIBI/Bisnis/Muhammad Olga 

Setelah itu, spanduk dengan wajah Menteri BUMN Erick Thohir cukup sering muncul bergantian dengan spanduk yang memperlihatkan wajah Anies. Hanya saja, spanduk dengan wajah Erick relatif lebih besar dan bervariatif ketimbang spanduk sebelumnya. Salah satu spanduk dengan profil Erick bertuliskan Erick Thohir Capres 2024.

Adapun atribusi yang disematkan pada Erick juga banyak predikatnya mulai dari Anggota Kehormatan Banser NU, Mantan Ketua TKN Jokowi, Menteri BUMN, hingga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah.

Setelah dua nama itu, beberapa papan reklame dan spanduk dengan wajah Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar relatif jarang terlihat di sepanjang jalur utama arus mudik yang menghubungkan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang dengan Pelabuhan Gilimanuk di ujung barat Pulau Bali.

Papan reklame besar yang memperlihatkan wajah Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin bertuliskan slogan Bersama Memajukan Daerah dan Mencerdaskan Ummat yang Berakhlak. Papan reklame itu berdampingan dengan logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada sisi kiri atas.

Papan reklame yang memperlihatkan wajah Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin.  JIBI/Bisnis/Muhammad Olga

Seperti diberitakan sebelumnya, Peneliti Kebijakan pada Institute for Development of Policy and Local Partnership (IDP-LP), Riko Noviantoro, mengatakan bahwa nama Erick Thohir ada di urutan ketiga dari nama-nama capres yang menjadi pilihan warga nahdliyin atau Nahdlatul Ulama.  Hal tersebut tertuang di dalam hasil riset Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS).  

 "Adanya dukungan dari warga NU bagi Erick Thohir itu bisa menjadi sinyal yang bagus. NU ini kan kita tahu merupakan ormas terbesar di Indonesia, jadi sebagai ormas terbesar dia memiliki basis massa yang kuat di berbagai daerah," tuturnya di Jakarta, Kamis (27/1).  

***

Guna memantau kelancaran dan kesiapan infrastruktur saat arus mudik, Bisnis Indonesia kembali menggelar Jelajah Lebaran 2022 setelah absen pada 2020 dan 2021. Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia dilaksanakan pada Rabu (27/4) hingga Rabu (4/5) dengan perjalanan melalui dua rute. 

Pertama, untuk rute Jawa—Bali dilaksanakan dengan menyusuri jalan tol Trans-Jawa dan dilanjutkan menyisir jalur pantai utara (Pantura) menuju Banyuwangi dan dilanjutkan penyeberangan ke Bali. Kedua, untuk rute Sumatra  melalui jalan tol Trans-Sumatra dari Lampung hingga Dumai, Riau.

(Reporter: Nyoman Ary Wahyudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.