Free

Jadwal & Agenda RUPST Bank Mandiri, BCA, BNI, dan BRI

Sejumlah emiten perbankan akan menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada Maret. Ada beberapa mata acara yang diselenggarakan pada agenda tersebut.

Fahmi Ahmad Burhan

17 Feb 2024 - 19.44
A-
A+
Jadwal & Agenda RUPST Bank Mandiri, BCA, BNI, dan BRI

Investor sedang mengamati pergerakan saham. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA – Sejumlah emiten perbankan seperti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) dan PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) akan menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada bulan depan atau Maret 2024. Mata acara RUPST adalah pengumuman penggunaan laba, termasuk untuk tebaran dividen serta perubahan jajaran pengurus.

Mengacu publikasi di Harian Bisnis Indonesia, BCA akan menggelar RUPST pada 14 Maret 2024. “Pemegang saham perseroan yang berhak hadir atau diwakili dalam rapat perseroan adalah yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada Selasa 13 Februari 2024, pukul 16.00 WIB,” tulis Manajemen BBCA pada beberapa waktu lalu.

Terdapat sejumlah mata acara dalam agenda RUPST tersebut, di antaranya persetujuan penggunaan laba bersih, termasuk untuk dividen kepada pemegang saham. Adapun, BCA memang telah memberikan kisi-kisi tebaran dividen mereka untuk tahun buku 2023.

EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan perseroan bakal mengkaji dividend payout ratio untuk menjaga keseimbangan antara posisi permodalan yang kokoh, pengembangan bisnis bank maupun entitas anak.

Baca juga: Prediksi dan Harapan Bankir jika Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

“Termasuk pemutakhiran standar dan teknologi keamanan, dan memberikan nilai tambah yang berkesinambungan kepada pemegang saham,” katanya.

Bank lainnya yakni Bank Mandiri akan menggelar jadwal RUPST pada 7 Maret 2023 mengacu keterbukaan informasi. Terdapat sejumlah mata acara dalam RUPST tersebut, di antaranya perubahan jajaran pengurus bank. 

Dalam agenda RUPST itu, Bank Mandiri memang berencana mengukuhkan pengakhiran jabatan direktur manajemen risikonya Ahmad Siddik Badruddin yang pindah ke PT Pertamina (Persero).

"Pengukuhan pengakhiran masa jabatan Bapak Ahmad Siddik Badruddin sebagai anggota Direksi perseroan akan dilakukan pada RUPS perseroan terdekat, yaitu pada RUPST tanggal 7 Maret 2024," tulis Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman di keterbukaan informasi pada awal bulan ini (1/2/2024).

Siddik pindah ke Pertamina pada 31 Januari 2024. Adapun, mengacu ketentuan Anggaran Dasar Perseroan dan Peraturan Menteri BUMN No. PER-3/MBU/03/2023 tentang Organ dan Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara, jabatan Siddik sebagai Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri dinyatakan berakhir terhitung sejak terjadinya rangkap jabatan pada 31 Januari 2024.

 

 

Berikut jadwal dan mata acara agenda RUPST emiten perbankan pada Maret 2024:

1. BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) akan menggelar RUPST pada 1 Maret 2024 pukul 14.00 WIB di Kantor Pusat BRI. 

Adapun, tanggal daftar pemegang saham (DPS) yang berhak hadir dalam RUPST atau recording date telah berakhir pada 6 Februari 2024.

Sejumlah mata acara dalam gelaran RUPST adalah persetujuan laporan tahunan dan laporan keuangan tahunan, persetujuan penggunaan laba bersih, penetapan remunerasi seperti gaji/honorarium, fasilitas dan tunjangan tahun buku 2024, hingga perubahan susunan pengurus perseroan.

 

2. BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) akan menggelar RUPST pada 4 Maret 2024 pukul 14.00 WIB di Ballroom-Menara BNI Lantai 6 Jalan Pejompongan Raya No. 7 Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Tanggal daftar pemegang saham yang berhak hadir dalam RUPST atau recording date telah berakhir pada 6 Februari 2024.

Mata acara yang akan digelar di antaranya persetujuan laporan tahunan dan laporan keuangan tahunan, persetujuan penggunaan laba bersih, perubahan anggaran dasar perseroan, hingga perubahan susunan pengurus perseroan.

Baca juga: Bagi Dividen dan Rombak Pengurus, Ini Jadwal RUPST Bank Mandiri, BCA, BNI, dan BRI

3. Bank Mandiri

Bank Mandiri telah mengundang pemegang sahamnya dalam gelaran RUPST pada 7 Maret 2023 pukul 14.00 WIB di Auditorium Plaza Mandiri Lt. 3 Plaza Mandiri, Jakarta.

Tanggal daftar pemegang saham yang berhak hadir dalam RUPST atau recording date telah berakhir pada 12 Februari 2024.

Terdapat sejumlah mata acara dalam RUPST BMRI mulai dari persetujuan laporan tahunan hingga perubahan susunan pengurus perseroan. 

 

4. BCA 

BCA akan menggelar RUPST pada Kamis, 14 Maret 2024 pukul 09.30 WIB bertempat di Menara BCA, Grand Indonesia Jl. M.H Thamrin No. 1, Jakarta. 

Pemegang saham perseroan yang berhak hadir atau diwakili dalam rapat perseroan adalah yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada Selasa 13 Februari 2024, pukul 16.00 WIB.

Terdapat sejumlah mata acara dalam RUPST, salah satunya terkait penetapan penggunaan laba bersih perseroan yang bakal diusulkan sebagai pembagian dividen tunai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.