Free

Jadwal ‘Cum Dividend’ Pekan Kedua Mei; CMRY, AKRA, hingga PTRO

Untuk bisa mendapat dividen, investor akan membeli saham tersebut sebelum atau pada tanggal cum dividend.

Annisa Kurniasari Saumi

5 Mei 2024 - 14.12
A-
A+
Jadwal ‘Cum Dividend’ Pekan Kedua Mei; CMRY, AKRA, hingga PTRO

Investor sedang memantau pergerakan saham. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA – Beberapa emiten menjadwalkan cum dividend pada 6 hingga 8 Mei 2024. Beberapa di antaranya seperti CMRY, AKRA, hingga PTRO.

Pada awal pekan atau Senin (6/5/2024), PT Cisarua Mountain Dairy Tbk. (CMRY), PT Teladan Prima Agro Tbk. (TLDN), PT Multipolar Technology Tbk. (MLPT), PT Dharma Polimetal Tbk. (DRMA), dan PT Asuransi Multi Artha Guna Tbk. (AMAG) menjadwalkan cum date dividend

Jumlah dividen terbesar akan dibagikan oleh CMRY, yakni sebesar Rp714,12 miliar. Disusul oleh MLPT Rp200,6 miliar, dan DRMA Rp171,29 miliar. Sementara itu, TLDN akan membagikan dividen sebesar Rp158 miliar dan AMAG Rp148,6 miliar. 

Baca juga: Intip Jumlah Investor Pasar Modal di Indonesia Kuartal I/2024 yang Terus Naik

Lalu pada hari berikutnya, Selasa (7/5/2024), sebanyak tiga emiten menjadwalkan cum date dividend. Emiten-emiten tersebut adalah PT Prima Andalan Mandiri Tbk. (MCOL) dengan dividen senilai Rp1,58 triliun, PT Trans Power Marine Tbk. (TPMA) Rp196,6 miliar, dan PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO) dengan dividen Rp636,2 miliar.

Kemudian pada Rabu (8/5/2024), sebanyak enam emiten di pasar modal menjadwalkan cum date dividend. Emiten-emiten tersebut adalah PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM), PT Petrosea Tbk. (PTRO), PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA), dan PT Lippo General Insurance Tbk. (LPGI). 

Lalu PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. (TUGU) dan PT Trisula International Tbk. (TRIS) juga akan membagikan dividen pada Rabu (8/5/2024).

 

 

SMSM akan membagikan dividen senilai Rp143,96 miliar ke pemegang sahamnya. Lalu PTRO membagikan dividen sebesar US$3,05 juta atau Rp49,55 miliar. 

Kemudian AKRA dengan dividen final sebesar Rp986,8 miliar, LPGI sebesar Rp8,1 miliar, TUGU sebesar Rp438,24 miliar, dan TRIS sebesar Rp11,65 miliar.

Cum date atau tanggal cum dividend merupakan tanggal terakhir bagi investor yang ingin membeli saham tertentu dan berhak untuk mendapatkan dividen perusahaan yang telah diumumkan. Untuk bisa mendapat dividen, maka mereka akan membeli saham tersebut sebelum atau pada tanggal cum dividend.

Baca juga: Catat! Jadwal Cum Dividen Pekan Depan, CMRY, AKRA, hingga PTRO

Sementara itu, ex date atau tanggal ex dividend merupakan hari pertama di mana pemegang saham tidak berhak lagi mendapatkan dividen dari suatu perusahaan. Tanggal ex dividend dijadwalkan satu hari kerja setelah tanggal cum dividend.

 

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.