Jadwal Penukaran Uang BCA dan BRI di Rest Area Jabodetabek

Para pemudik sudah dapat memanfaatkan layanan kas keliling dan mobil ATM BRI yang berlokasi di rest area KM 57 Jakarta-Cikampek sejak 15 April hingga 19 April 2023 mendatang.

Jaffry Prabu Prakoso

17 Apr 2023 - 11.19
A-
A+
Jadwal Penukaran Uang BCA dan BRI di Rest Area Jabodetabek

Warga menukarkan uang di mobil layanan penukaran uang Bank Indonesia untuk keperluan Puasa dan Lebaran 2023. /Bisnis.com

Bisnis, JAKARTA – Mendekati Hari Raya Idulfitri, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) menyediakan layanan kas keliling di rest area yang memungkinkan nasabahnya untuk melakukan penukaran uang baru saat melakukan perjalanan mudik.

Untuk diketahui, para pemudik sudah dapat memanfaatkan layanan kas keliling dan mobil ATM BRI yang berlokasi di rest area KM 57 Jakarta-Cikampek sejak 15 April hingga 19 April 2023 mendatang.

Direktur Jaringan dan Layanan Andrijanto BRI menuturkan bahwa para nasabah dapat menukarkan uangnya dengan jumlah maksimal senilai Rp3,8 juta per orang.


Tampilan uang baru pecahan Rp1.000, Rp2.000, dan Rp5.000. /Bisnis-Muhammad Khadafi


"Masyarakat dapat menukarkan uang pada periode 27 Maret hingga 20 April 2023 dengan jumlah maksimal penukaran per orang sebesar Rp3,8 juta," jelasnya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Andrijanto menjelaskan, khusus di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) BBRI menyediakan layanan penukaran uang baru di 20 titik kantor cabang.

Adapun pada tahun ini, BBRI menyediakan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Idulfitri mencapai Rp32 triliun.

Sementara itu, BCA sendiri baru akan membuka layanan penukaran uang di rest area melalui kas keliling pada esok hari, Senin (17/4/2023) hingga Rabu (19/4/2023) mendatang.

Baca juga: Mewaspadai Euforia Separuh Penduduk RI Mulai Mudik Lebaran

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn menjelaskan bahwa lokasi kas keliling BCA tersebut dapat ditemui di rest area KM 57 Tol Jakarta - Cikampek.

Adapun, pada momentum Idulfitri kali ini BBCA menyediakan dana tunai Rp69,48 triliun untuk memenuhi kebutuhan nasabah di tengah momentum Ramadan dan Idulfitri 2023.

"BCA berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan nasabah maupun mitra di momen spesial Ramadan dan Hari Raya Idulfitri." pungkasnya.

Perputaran Uang Bisa Tembus Rp92,3 Triliun

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) memperkirakan perputaran uang selama libur Lebaran 2023 diperkirakan mencapai mencapai Rp92,3 triliun yang tersebar di seluruh pelosok tanah air. Jumlah tersebut dihitung dari jumlah pemudik sebesar 123,8 juta orang atau setara dengan 30.752.000 keluarga.

Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang mengatakan bahwa jika setiap keluarga membawa uang rata rata Rp3.000.000, maka perputaran uangnya sebesar tersebut di atas. 

Baca juga: Pasar Tanah Abang Dipadati Warga Yang Berburu Baju Lebaran

“Ini dihitung rata-rata paling minimal, masih berpeluang di atas itu. Perputaran uang tersebut akan akan menyebar di sektor usaha transportasi darat [bus,rental, kreta api, mobil, pribadi, motor], laut [kapal laut] dan udara [pesawat], kuliner,hotel/penginapan, restoran, kafe, destinasi wisata, UKM makanan khas daerah dan penjual suvenir,” ujar Sarman dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/4/2023).

Data Kementerian Perhubungan menyebutkan bahwa jumlah pemudik tahun ini naik sebesar 14,2 persen atau mencapai 123,8 juta orang dibanding tahun lalu sebesar 85,5 juta orang.

Di samping mudik ada juga warga yang melakukan perjalanan wisata keluarga ke berbagai destinasi wisata di Indonesia mengingat masa libur bersama yang demikian panjang sehingga dapat dimanfaatkan untuk menikmati kebersamaan keluarga.


“Dengan jumlah pemudik yang demikian besar maka dipastikan ekonomi daerah yang menjadi tujuan mudik akan bergairah dan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Asumsi perputaran uang selama libur Iduel Fitri 1444 H mencapai Rp92,3 triliun,” terang Sarman.

Menurut Sarman, perputaran uang tersebut didominasi di Pulau Jawa yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, Banten dan Jabodetabek sebesar 62,5 persen dengan jumlah pemudik sebanyak 77,3 juta orang atau setara 19.325.000 keluarga. Sisanya akan menyebar ke Sumatra, Kalimantan, Bali/NTB, Sulawesi, NTT, Maluku, dan Papua.

“Dengan potensi perputaran yang cukup besar tersebut dipastikan ekonomi daerah akan produktif dan bergairah dan akan mampu meningkatkan konsumsi rumah tangga dan memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah sehingga target pertumbuhan ekonomi kuartal I 2023 sebesar 5 persen diharapkan dapat tercapai,” jelasnya. (Alifian Asmaaysi/Indra Gunawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.