Jakarta Bakal Bersaing Dengan Daerah Penyangga Usai Tak Sandang Status Ibu Kota

Kota Jakarta diprediksi akan mengalami proses kemunduran kota (inner city decline) pasca tidak lagi menyandang status sebagai ibu kota negara.

Yanita Petriella

4 Jun 2024 - 17.21
A-
A+
Jakarta Bakal Bersaing Dengan Daerah Penyangga Usai Tak Sandang Status Ibu Kota

Sejumlah-warga-menikmati-suasana-Bundaran-Hotel-Indonesia-HI-di-anjungan-Halte-Bus-Trans-Jakarta-Bundaran-HI-Jakarta-Jumat-21102022.

Bisnis, JAKARTA – Nasib kota Jakarta terus dipertanyakan usai ibu kota benar-benar pindah ke Nusantara, Kalimantan Timur. 

Kota Jakarta diprediksi akan mengalami proses kemunduran kota (inner city decline) pasca tidak lagi menyandang status sebagai ibu kota negara. Di sisi lain, fenomena kemunduran aktivitas di pusat kota tersebut akan diikuti dengan pesatnya perkembangan daerah-daerah penyangga.  

Presiden Eastern Regional Organization for Planning and Human Settlements International (Earoph) Emil Elestianto Dardak mengatakan terdapat ada tiga faktor yang mempengaruhi inner city decline di Jakarta yaitu perpindahan ibu kota, suburbanisasi, dan perubahan pola mobilitas. Perubahan pola mobilitas masyarakat karena semakin banyak pekerja menerapkan remote work.  

“Kantor-kantor sekarang mulai fleksibel, banyak remote work atau pekerjaan jarak jauh hingga kerja yang tidak lagi jam 09.00 hingga 17.00,” ujarnya, Senin (3/6/2024). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.