Jalan Berliku Mengurai Kemacetan Ibu Kota

Peresmian Light Rail Transit (LRT) Jabodebek pada Senin (28/8/2023) belum sepenuhnya menyelesaikan permasalahan kemacetan di DKI Jakarta. Persoalan berliku masih menanti penyelesaian guna memikat minat masyarakat menggunakan transportasi publik.

Rayful Mudassir

28 Agt 2023 - 17.09
A-
A+
Jalan Berliku Mengurai Kemacetan Ibu Kota

Kemacetan di Jakarta./Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Peresmian Light Rail Transit (LRT) Jabodebek pada Senin (28/8/2023) belum sepenuhnya menyelesaikan permasalahan kemacetan di DKI Jakarta. Persoalan berliku masih menanti penyelesaian guna memikat minat masyarakat menggunakan transportasi publik.

Keberadaan LRT menambah daftar transportasi umum di Ibu Kota. Sebut saja TransJakarta, MikroTrans, Kereta Rel Listrik (KRL), Moda Raya Transportasi (MRT) Jakarta dan LRT Jakarta. Belum lagi moda lawas semisal mikrolet dan sejenis. Ditambah lagi moda transportasi roda dua maupun empat berbasis daring. 

Seluruh jenis transportasi publik itu menjadi penyambung antara Ibu Kota dan kota satelit di Bogor, Depok, Tangerang hingga Bekasi. Namun, faktanya, kemacetan masih terus terjadi di DKI. Apa masalahnya? 

Data Kementerian Perhubungan mendapati masyarakat di kota besar seperti Jakarta, Bandung, maupun Medan mengandalkan kendaraan umum untuk beraktivitas masih di bawah 20 persen. Persentase ini cukup menimbulkan gap dibandingkan dengan Singapura dan Tokyo sebesar 50 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.