Jalan Impor Daging Sapi dan Kerbau Demi Penuhi Kebutuhan Ramadan

Kuota impor daging reguler tahun ini sebanyak 145.250 ton ini sudah berdasarkan kesepakatan antara pemerintah dalam rapat koordinasi. Namun demikian, kuota tahun ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan tahun lalu yang ditetapkan mencapai 1 juta ton.

Dwi Rachmawati

5 Mar 2024 - 20.08
A-
A+
Jalan Impor Daging Sapi dan Kerbau Demi Penuhi Kebutuhan Ramadan

ilustrasi sapi. /dok Bisnis.

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah akan mulai melakukan impor sapi asal Australia sebanyak 5.000 ekor yang ditargetkan akan tiba sebelum hari raya Idulfitri 2024. Impor ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan daging sapi pada saat Lebaran. Pasalnya, konsumsi daging sapi pada periode Ramadan dan Lebaran selalu meningkat 5 kali jika dibandingkan dengan hari biasa.

Berdasarkan data neraca pangan nasional per 21 Februari 2024 yang dihimpun Badan Pangan Nasional (Bapanas), stok daging sapi di awal 2024 tercatat sebanyak 130.153 ton, sedangkan untuk kebutuhan daging nasional secara bulanan diperkirakan sebanyak 60.013 ton.

Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan mengatakan untuk memenuhi permintaan daging sapi segar di tahun ini akan mengimpor sebanyak 20.000 ekor dari Australia. Impor sapi tersebut dilakukan secara bertahap hingga akhir tahun. Adapun sebanyak 5.000 ekor pertama ditargetkan tiba sebelum lebaran Idulfitri atau sekitar awal April 2024.

Shipping pertama sebelum lebaran itu kurang lebih ada 5.000 ekor dari Australia. Ini kita siapkan karena kita tahu menjelang lebaran animo untuk daging segar itu tinggi. Kita sudah mengantisipasi menyiapkan itu,” ujarnya Selasa (5/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Jalan Impor Daging Sapi dan Kerbau Demi Penuhi Kebutuhan Ramadan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.