Jalan IPO BPR Di Tengah Badai Kebangkrutan

OJK tengah mempersiapkan sejumlah langkah pengaturan terkait upaya untuk membuka akses bagi BPR untuk menggalang dana di pasar modal melalui IPO. Namun, maraknya kasus kebangkrutan BPR akhir-akhir ini menjadi sentimen negatif bagi industri ini di mata investor.

Tim Redaksi

21 Feb 2024 - 13.48
A-
A+
Jalan IPO BPR Di Tengah Badai Kebangkrutan

Ilustrasi IPO. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Belum sampai akhir kuartal pertama tahun ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah mencabut izin usaha 5 bank perekonomian rakyat (BPR), lebih tinggi dibanding total pencabutan izin sepanjang 2023 lalu.

OJK memang menghendaki jumlah BPR terus berkurang, tetapi tentu bukan dengan alasan kegagalan usaha. OJK mendesak BPR untuk berkonsolidasi, sehingga dari sisi jumlah makin berkurang, tetapi dari sisi kualitas menjadi makin meningkat.

Maraknya BPR yang ditutup pada awal tahun ini menjadi sinyal yang cukup kuat bahwa industri ini sangat rentan. Meski tidak bersifat sistemik, kegagalan BPR tetap saja merugikan masyarakat, terutama para nasabah yang masih menempatkan dana di sana.

Kini, OJK tengah menyiapkan jalan bagi BPR untuk melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) dan mencatatkan sahamnya di bursa. Langkah ini bisa menjadi solusi bagi tantangan permodalan BPR untuk mencegah kasus kegagalan bisnis di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Jalan IPO BPR Di Tengah Badai Kebangkrutan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.