Jalan Panjang Jokowi Amankan Beras Impor hingga 2024

Gelombang panas ekstrem yang menerpa seantero dunia menimbulkan kekhawatiran bagi ketersediaan pasokan pangan. Indonesia bahkan harus menempuh jalan panjang untuk mengatasi krisis ini setidaknya hingga awal tahun depan.

Rayful Mudassir

11 Sep 2023 - 20.16
A-
A+
Jalan Panjang Jokowi Amankan Beras Impor hingga 2024

Presiden Joko Widodo bersama sejumlah pejabat negara meninjau Gudang Bulog Dramaga Bogor 11 September 2023. Bisnis/Akbar Evandio

Bisnis, JAKARTA - Gelombang panas ekstrem yang menerpa seantero dunia menimbulkan kekhawatiran bagi ketersediaan pasokan pangan. Indonesia bahkan harus menempuh jalan panjang untuk mengatasi krisis ini setidaknya hingga awal tahun depan. 

Fenomena El Nino pada tahun ini seketika mendorong perubahan pola perdagangan bebas yang telah berjalan selama ini. Sebagian negara mulai memperketat ekspor pangan demi keamanan di lingkup domestik. Lainnya, memutar otak untuk memastikan segala kebutuhan dalam negeri tercukupi. 

Pada perdagangan beras dunia, India telah mengumumkan larangan ekspor pangan non-basmati sejak pertengahan tahun. Padahal, negara itu telah menjadi pengekspor beras terbesar dunia pada musim 2022/2023 sebesar 22,50 juta ton.

Jumlah ini tidak kecil. Dari volume tersebut, Anak Benua berkontribusi sekitar 40,09 persen dari total ekspor beras secara global yang menyentuh 56,12 juta ton per tahun. Alhasil, penghentian ekspor sejak 20 Juli 2023 itu berbuntut panjang pada stabilitas harga dan pasokan beras dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.