Jalan Panjang Menanti Efek DHE

Pelaku usaha meminta pemerintah agar kembali mengevaluasi implementasi aturan Devisa Hasil Ekspor (DHE), terutama soal batas minimum nilai ekspor. Pada saat yang sama, beleid untuk menstabilkan rupiah ini belum memberi dampak berarti.

Tim Redaksi

6 Des 2023 - 19.59
A-
A+
Jalan Panjang Menanti Efek DHE

Karyawan menunjukan uang dolar Amerika Serikat (AS) di Jakarta, Selasa (5/9/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA - Dorongan evaluasi terhadap kebijakan Devisa Hasil Ekspor (DHE) Sumber Daya Alam (SDA) sebagai instrumen menstabilkan rupiah terus mengemuka lantaran dinilai belum maksimal.

Di tengah keputusan perpanjangan masa evaluasi atas implementasi Peraturan Pemerintah No. 36/2023 tentang Devisa Hasil Ekspor dari Kegiatan Pengusahaan, Pengelolaan dan Pengolahan Sumber Daya Alam (DHE SDA), hasil pencatatan devisa memang belum sesuai target.

Pasalnya, per 2 November 2023, devisa yang masih diparkir di luar negeri tercatat sebesar US$8 miliar, sedangkan yang terparkir di dalam negeri hanya US$2 miliar.

Baca juga: Optimisme Berlebihan dari Repatriasi DHE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Jalan Panjang Menanti Efek DHE

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.