Jalan Panjang Menuju Babak Akhir Perjanjian Indonesia - EU CEPA

Perundingan Indonesia - Uni Eropa CEPA telah dimulai sejak Juli 2016. Pemerintah berharap kesepakatan kedua pihak dapat tercapai paling lambat pada tahun depan. Selama proses perundingan berlangsung, Indonesia terus mencatat surplus neraca perdagangan dengan Benua Biru

Rayful Mudassir

21 Mei 2023 - 18.17
A-
A+
Jalan Panjang Menuju Babak Akhir Perjanjian Indonesia - EU CEPA

Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Komisi Uni Eropa (UE) Ursula von der Leyen di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, Minggu, 21 Mei 2023. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

Bisnis, JAKARTA - Perjanjian kemitraan antara Indonesia dengan Uni Eropa yang dirangkum dalam Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) ditargetkan rampung tahun depan atau tujuh tahun sejak pertama kali diluncurkan. 

Dorongan pemerintah mempercepat penyelesaian perjanjian perdagangan bebas IEU - CEPA kembali mengemuka di sela pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Komisi Uni Eropa (UE) Ursula von der Leyen di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, Minggu, (21/5/2023). 

Jokowi secara terang-terangan menyampaikan harapannya agar negosiasi terkait perjanjian itu dapat segera diselesaikan. “Terkait Indonesia-UE CEPA, Indonesia berharap negosiasi selesai paling lambat tahun depan,” kata Presiden dikutip dari situs resmi pemerintah.

Dorongan pemerintah untuk mempercepat penyelesaian isi perjanjian dagang tersebut bukan tanpa alasan. Selama beberapa tahun terakhir, RI mencatatkan surplus neraca dagang dengan Benua Biru. Di atas kertas, perdagangan antarkedua pihak memberi keuntungan lebih bagi Tanah Air. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Jalan Panjang Menuju Babak Akhir Perjanjian Indonesia - EU CEPA

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.