Jalan Panjang Penetrasi Asuransi Jiwa RI Menuju Selevel Asean

Industri asuransi jiwa masih memiliki pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan, salah satunya minimnya penetrasi asuransi di Indonesia. Sebab penetrasi asuransi jiwa di Indonesia baru menyentuh 1,9 persen, jauh dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya.

Asteria Desi Kartikasari

22 Apr 2022 - 20.24
A-
A+
Jalan Panjang Penetrasi Asuransi Jiwa RI Menuju Selevel Asean

Karyawan beraktivitas di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Jakarta, Sabtu (22/1/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA— “Buat asuransi jiwa, produk mana sih yang paling bagus,” seorang kawan belum lama ini bertanya pada saya dalam pesan singkat. Pertanyaan tersebut dapat menjadi tanda bahwa sebagian orang nyatanya masih merasa bingung untuk memilih produk asuransi jiwa. 

Jadi, banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan industri asuransi jiwa, seiring dengan masih minimnya penetrasi asuransi di Indonesia. Belum selesai   persoalan penetrasi bahkan industri tersebut juga telah digempur persoalan sengketa dengan nasabah terkait produk unit-linked. Kondisi tersebut bisa menambah jalan panjang asuransi jiwa menuju target penetrasi yang ditargetkan.

Ambisi untuk memenuhi penetrasi itu dari pelaku usaha memang tetap ada, meskipun hal tersebut bukan persoalan yang mudah. Mengingat kepercayaan masyarakat terhadap asuransi jiwa juga masih diuji. 

Menengok data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia masih terhitung paling minim di antara negara Asia Tenggara. Penetrasi tersebut baru menyentuh 1,9 persen. Jika dibandingkan dengan beberapa negara Asean masih jauh. Misalnya saja di Singapura penetrasi asuransi mencapai 9,5 persen, Thailand 5,5 persen, Malaysia 5,4 persen, dan Vietnam 2,3 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Jalan Panjang Penetrasi Asuransi Jiwa RI Menuju Selevel Asean

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.