Jalan Pertumbuhan Searah Kredit Leasing dan Fintech

Penyaluran kredit, baik dari sisi pembiyaaan leasing hingga pinjaman online (pinjol) terhitung moncer. Situasi itu tercermin dari tren penyaluran pembiayaan yang terus mengalami pertumbuhan.

Asteria Desi Kartikasari

12 Mei 2023 - 16.43
A-
A+
Jalan Pertumbuhan Searah Kredit Leasing dan Fintech

Ilustrasi credit score

Bisnis, JAKARTA — Penyaluran kredit, baik dari sisi pembiyaaan leasing hingga pinjaman online (pinjol) terhitung moncer. Situasi itu tercermin dari tren penyaluran pembiayaan yang terus mengalami pertumbuhan. 

Dalam hal ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, penyaluran pembiayaan berdasarkan kategori usaha debitur mencapai Rp461,81 triliun per Maret 2023.Nominal itu meningkat hingga 16,11 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp397,73 triliun pada Maret 2022.

Adapun pertumbuhan terjadi pada setiap kategori usaha, di mana usaha mikro menjadi kontributor tertinggi dengan pertumbuhan menyentuh 42,82 persen yoy pada Maret 2023. Jika diperinci, penyaluran pembiayaan untuk usaha besar mencapai Rp73,81 triliun atau naik 17,59 persen yoy dari sebelumnya Rp62,77 triliun. Hal sama terjadi pada usaha menengah yang naik 5,28 persen yoy menjadi Rp47,35 triliun.

Selanjutnya, diikuti dengan usaha kecil menjadi Rp47,85 triliun atau naik 24,88 persen, dan usaha mikro yang tumbuh 42,82 persen yoy Rp56,45 triliun. Sementara itu, untuk kategori lainnya mencapai Rp236,33 triliun atau naik 11,41 persen yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Jalan Pertumbuhan Searah Kredit Leasing dan Fintech

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.