Jalan Pintas Memperbesar Penambakan Udang

Meski pemerintah pusat menempuh revitalisasi tambak eksisting tetapi Kalimantan Tengah memastikan shrimp estate tertap berlangsung yang dapat dijadikan model nasional pengembangan tambak udang modern dan terintegrasi.

Rustam Agus

14 Mar 2022 - 14.00
A-
A+
Jalan Pintas Memperbesar Penambakan Udang

Presiden Jokowi panen udang / Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Mengajak investor menebar modal di lahan baru pertambakan udang di daerah tertentu memang tidak mudah lantaran harus diawali dengan pembangunan infrastruktur pendukung yang melibatkan berbagai instansi pemerinah dan pihak terkait.

Mulai dari sarana dan prasarana lingkungan yang mesti disiapkan melibatkan Kementerian PUPR, dukungan ketersediaan listrik dari PLN, izin ingkungan dari pihak terkait, hingga dukungan pemda dalam semua aspeknya.

Sementara target pemerintah menggenjot produksi udang hingga 2 juta ton pada 2024 sulit dicapai jika menunggu hasil produksi tambak baru yang belum tentu mulus dalam oeprasionalnya dalam dua tahun.

Itu sebabnya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) lantas mengutamakan revitalisasi tambak udang tradisional yang sudah ada saat ini ketimbang membuka lahan baru tambak udang untuk bisa mencapai target di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.