Jalan Tak Mudah Manufaktur Memperkuat Ekspansi

Pertumbuhan penyerapan tenaga kerja di industri pengolahan mengalami perlambatan secara tahunan. Padahal, pertumbuhan sektor manufaktur mencapai 5,20% pada triwulan III/2023, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional 4,94%.

Afiffah Rahmah Nurdifa

9 Nov 2023 - 20.14
A-
A+
Jalan Tak Mudah Manufaktur Memperkuat Ekspansi

Pabrik tekstil. bagi beberapa subsektor industri manufaktur yang memiliki margin keuntungan rendah dan terdapat masalah dalam pemasaran itu akan sangat rentan untuk melakukan PHK. - Foto Bisnis.com

Bisnis, JAKARTA - Pertumbuhan penyerapan tenaga kerja di industri pengolahan mengalami perlambatan secara tahunan. Padahal, pertumbuhan sektor manufaktur mencapai 5,20% pada triwulan III/2023, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional 4,94%.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), industri pengolahan masuk dalam 3 lapangan usaha yang menyerap tenaga kerja terbanyak yakni 13,83% dari jumlah penduduk bekerja 139,85 juta orang pada Agustus 2023.

Namun, distribusi pekerja di industri ini menurun dari periode yang sama tahun lalu sebesar 14,17%. Pada periode Agustus 2022-Agustus 2023, akomodasi dan industri makan minum menjadi sektor yang menyerap tenaga kerja terbesar yakni 1,18 juta orang.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Mohamad Faisal, mengatakan penciptaan lapangan pekerjaan di industri pengolahan memang masih tumbuh. Namun, tetap dibutuhkan lebih banyak dan spesifik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Jalan Tak Mudah Manufaktur Memperkuat Ekspansi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.