Jalan Terjal Pengembangan Pangsa Pasar Industri Bank Syariah RI

Konsolidasi perbankan untuk sektor syariah terus didorong, mengingat menumbuhkan pangsa bank syariah di Indonesia terhitung masih menjadi pekerjaan rumah otoritas dan industri.

Arlina Satiti Mugi Laras

17 Jan 2024 - 17.52
A-
A+
Jalan Terjal Pengembangan Pangsa Pasar Industri Bank Syariah RI

Logo Bank Syariah./Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Konsolidasi perbankan untuk sektor syariah terus didorong, mengingat menumbuhkan pangsa bank syariah di Indonesia terhitung masih menjadi pekerjaan rumah otoritas dan industri.

Dukungan dari regulator untuk menumbuhkan bisnis tercermin dari penerbitan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.12/2023 tentang Unit Usaha Syariah (UUS).Beleid ini merupakan peraturan pelaksana dari UU No. 4/2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) terkait persyaratan pemisahan UUS dari induknya. 

Dalam hal ini, bank yang memiliki UUS dengan share asset lebih dari 50 persen dan/atau total aset UUS mencapai lebih dari Rp50 triliun wajib untuk melakukan spin off. 

Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Moch Amin Nurdin menilai, saat UUS berpisah dari BUK menjadi bank umum syariah (BUS), artinya rasio permodalan bakal tertekan.“Tidak hanya itu, kalau selama ini bersama induk, maka yang jadi tantangan utamanya untuk UUS adalah ketika meraup Dana Pihak Ketiga (DPK). Aset juga bakal tergerus,” ujarnya pada Bisnis, Rabu (17/1/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Jalan Terjal Pengembangan Pangsa Pasar Industri Bank Syariah RI

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.