Jalan Terjal Proyek Gasifikasi Batu Bara

Proyek gasifikasi batu bara menjadi produk gas atau dimethyl ether (DME) yang digarap PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) bersama PT Pertamina (Persero) dan Air Products and Chemicals Inc. hingga kini masih belum ada kejelasan, bahkan terancam gagal terealisasi.

Ibeth Nurbaiti

9 Mar 2023 - 19.42
A-
A+
Jalan Terjal Proyek Gasifikasi Batu Bara

PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) mendapatkan penugasan untuk mengerjakan proyek gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether atau DME yang digarap bersama PT Pertamina (Persero) dan Air Products and Chemicals Inc. Bisnis-Aprianto Cahyo Nugroho

Bisnis, JAKARTA — Percepatan proyek gasifikasi batu bara menjadi produk gas atau dimethyl ether (DME) merupakan salah satu bentuk ikhtiar pemerintah agar Indonesia bisa terlepas dari belenggu impor gas minyak cair (liquefied petroleum gas/LPG).

Salah satu proyek penghiliran batu bara menjadi DME yang digadang-gadang bisa mengurangi subsidi APBN hingga Rp7 triliun dari pemangkasan impor LPG adalah proyek yang digarap PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) bersama PT Pertamina (Persero) dan Air Products and Chemicals Inc. 

Tak hanya dapat menekan impor LPG hingga 1 juta ton per tahun dengan produksi DME sebanyak 1,4 juta ton per tahun, proyek penghiliran batu bara yang ditargetkan commercial operation date (COD) pada kuartal IV/2027 itu juga dipastikan akan meningkatkan ketahanan energi nasional karena bisa diproduksi di dalam negeri.

Baca juga: Proyek 'Mangkrak' DME Bukit Asam (PTBA) Belum Berdetak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.