Jalan Terjal Saham Emiten Batu Bara Kembali Membara

Bara batu bara belum membara, harga komoditas emas hitam tersebut justru berlanjut mengalami penurunan selama enam bulan terakhir. Belum lagi momentum pesta dividen yang telah usai membuat analis menurunkan perkiraan kinerja laba emiten-emiten batu bara.

Asteria Desi Kartikasari

25 Jun 2023 - 14.44
A-
A+
Jalan Terjal Saham Emiten Batu Bara Kembali Membara

Bisnis, JAKARTA— Bara batu bara belum membara, harga komoditas emas hitam tersebut justru berlanjut mengalami penurunan selama enam bulan terakhir. Belum lagi momentum pesta dividen yang telah usai membuat analis menurunkan perkiraan kinerja laba emiten-emiten batu bara.

Kondisi tersebut membuat sejumlah emiten, seperti PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) dan kawan-kawan perlu mengencangkan ikat pinggang. Analis Samuel Sekuritas Juan Harahap menuturkan pihaknya memberikan rating netral untuk sektor batu bara. Mengingat, terdapat beberapa katalis yang dapat mempengaruhi kinerja batu bara tahun ini.  

Juan mencermati harga batu bara terus menurun selama enam bulan pertama tahun 2023, turun dari puncaknya di US$372 per ton ke level saat ini di US$207 per ton atau turun 46,9 persen YtD. Penurunan tersebut terutama disebabkan oleh lambatnya pemulihan ekonomi China, yang turut menekan permintaan energi. 

“Namun, kami melihat adanya katalis potensial dalam bentuk stimulus ekonomi, setelah otoritas Tiongkok memutuskan untuk memangkas suku bunga pinjaman jangka menengah menjadi 2,65 persen dan 7-day repo rate menjadi 1,9 persen untuk meningkatkan likuiditas sektor keuangan,” tulis Juan dalam risetnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.