Jalan Tol Atlantis Pertama di Indonesia Beroperasi Penuh 2024

Pada 2024 mendatang, jalan tol Atlantis yang ada di Indonesia yakni ruas tol Semarang – Demak akan beroperasi penuh. Disebut jalan tol Atlantis karena ruas ini harus melintasi jalur banjir rob yang selalu merendam sebagian wilayah Semarang dan Demak.

Yanita Petriella

26 Feb 2023 - 19.30
A-
A+
Jalan Tol Atlantis Pertama di Indonesia Beroperasi Penuh 2024

Jalan tol Semarang-Demak. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Pada 2024 mendatang, jalan tol Atlantis yang ada di Indonesia yakni ruas tol Semarang – Demak akan beroperasi penuh. Disebut jalan tol Atlantis karena ruas ini harus melintasi jalur banjir rob yang selalu merendam sebagian wilayah Semarang dan Demak.

Adapun pembangunan jalan tol Semarang – Demak sepanjang 26,4 kilometer (km)  terbagi dalam dua seksi yakni seksi 1 ruas Kaligawe Semarang – Sayung Demak sepanjang 10,39 km dan seksi 2 ruas Sayung – Kadilangu Demak dengan panjang 16,01 km.

Secara keseluruhan, Tol Semarang – Demak memiliki panjang 26,40 kilometer yang dibangun dalam 2 seksi melalui skema Kerja Sama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU). Seksi 1 Kaligawe – Sayung merupakan porsi Pemerintah dengan alokasi anggaran sebesar Rp10 triliun yang bersumber dari APBN, sedangkan Seksi 2 Sayung – Demak merupakan porsi BUJT yang dilaksanakan oleh PT PP – PT WIKA Konsorsium serta konsultan perencana Maratama – studi teknik (KSO) dengan konsultan supervisi PT Virama Karya dengan nilai investasinya mencapai Rp5,934 triliun.

Pada Sabtu (25/2/2023), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Semarang Demak Seksi 2 Sayung – Demak. Jalan bebas hambatan ini diharapkan bisa mengurai kemacetan jalur pantai utara (pantura), sekaligus menjadi penghubung kawasan strategis seperti pelabuhan, bandara, kawasan industri, dan kawasan pariwisata religi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Jalan Tol Atlantis Pertama di Indonesia Beroperasi Penuh 2024

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.