Jalan Tol Cisumdawu Hanya Dibuka Siang Hari Mudik Lebaran 2023

Pemerintah akan mengoperasionalkan secara fungsional Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) secara fungsional pada periode mudik Lebaran 2023. Hal ini sebagai upaya pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

Yanita Petriella

10 Apr 2023 - 12.54
A-
A+
Jalan Tol Cisumdawu Hanya Dibuka Siang Hari Mudik Lebaran 2023

Ilustrasi tol

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah akan mengoperasionalkan secara fungsional Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan  (Cisumdawu) secara fungsional pada periode mudik Lebaran 2023. Hal ini sebagai upaya pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan pemudik. Namun demikian, ruas tol ini hanya akan beroperasi terbatas dari siang hingga sore hari pukul 15.00 WIB. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan Tol Cisumdawu beroperasi secara fungsional pada mudik Lebaran 2023 karena mempertimbangkan aspek keselamatan bagi para pemudik yang melewati jalur tersebut.

“Jadi, kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB,” ujarnya dikutip Antara, Senin (10/4/2023). 

Menurutnya, Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 dari Cimalaka sampai ke Dawuan akan beroperasi fungsional pada masa mudik Lebaran 2023. Tol itu akan beroperasi terbatas dari siang hingga sore pukul 15.00 WIB.

Saat ini Tol Cisumdawu Seksi 1, 2, dan 3 telah beroperasi normal dengan lebar 4 lajur. Kemudian untuk Seksi 4, 5, dan 6 baru akan dibuka secara fungsional. Dengan demikian, jalur Tol Cisumdawu sudah memiliki panjang total sekitar 65 km. 

Kehadiran tol ini akan mempermudah akses masyarakat dari Bandung dan sekitarnya menuju ke Bandara Kertajati atau sebaliknya, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam saja. Dengan begitu, pemudik dari selatan yang ingin ke utara Jawa Barat tidak perlu melalui Cikampek sehingga bisa mengurai kemacetan yang kerap terjadi.

Baca Juga: BUJT Bersiap Menjemput Berkah Cuan Lonjakan Pemudik Lebaran

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga memastikan penanganan longsor di Seksi 5 Jalan Tol Cisumdawu akan selesai sebelum 15 April 2023 sehingga, nantinya akan dibuka dua lajur dan diberlakukan pengaturan lalu lintas (lalin) oleh Korlantas Polri.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan untuk pengaturan lalu lintas jalur Tol Cisumdawu saat dibuka fungsional nanti sepenuhnya akan mengikuti arahan Korlantas Polri.

“Apakah akan diberlakukan contra flow, one way atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” katanya.

Usai dibuka fungsional untuk mudik Lebaran 2023, Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada akhir Mei 2023.

Akhir Mei 2023 paling lambat semua ruas operasional di Cisumdawu, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati,” ucapnya.

Kepala korlantas Polri Firman Shantyabudi mengatakan jalur Tol Cisumdawu yang baru saja selesai dibangun untuk seksi 4, 5, dan 6 pada 15 April 2023 kondisinya masih tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan secara penuh pada masa mudik Lebaran 2023.

Informasi dari lapangan bahwa daerah masih berkabut. Itu juga riskan, para pengemudi dan kami tidak berharap mereka nanti terjebak pada saat malam hari, sementara kami masih disibukkan dengan lonjakan di jalur Tol Cipali yang memang cukup deras menurut prediksi kami,” tuturnya. 

Sebelumnya, tol Cisumdawu seksi 1, 2, dan 3 mulai dari Cileunyi – Jatinangor – Sumedang – Cimalaka telah diselesaikan dan mendukung kelancaran arus kendaraan pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.