Jalan Tol Demak – Tuban Rp55,7 Triliun akan Dilelang di 2023

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan proses tender proyek Tol Demak – Tuban senilai Rp55,7 triliun dapat dilaksanakan pada tahun ini.

Yanita Petriella

30 Jan 2023 - 17.39
A-
A+
Jalan Tol Demak – Tuban Rp55,7 Triliun akan Dilelang di 2023

Tol Demak. dok. Kementerian PUPR

Bisnis, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan proses tender proyek Tol Demak – Tuban senilai Rp55,7 triliun dapat dilaksanakan pada tahun ini.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR dikutip Senin (30/1/2023), proyek jalan tol Demak – Tuban termasuk dalam daftar proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yang akan digarap pada tahun ini.

Jalan Tol Demak – Tuban akan dibangun sepanjang 179,55 kilometer. Nantinya jalan tol ini akan menghubungkan 2 provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rencananya, pembangunan Jalan Tol Demak – Tuban memiliki masa konsesi 50 tahun yang ditargetkan selesai pembangunan pada tahun 2028.

Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna, mengatakan bahwa status proyek tol Demak – Tuban saat ini memasuki tahapan final business case (FBC) dan readiness criteria (RC).

<

Baca Juga: Pupus Asa Tersambungnya Tersambungnya Ruas Tol Aceh hingga Lampung JTTS di 2024

“Tahap prakualifikasi proyek Tol Demak – Tuban ditargetkan pada Kuartal III/2023,” ujarnya dikutip, Senin (30/1/2023). 

Berdasarkan informasi pada laman resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), proyek Jalan Tol Demak –  Tuban penyiapan dan transaksinya akan dibiayai melalui pinjaman Asian Development Bank (ADB). Jalan Tol Demak – Tuban telah tercantum dalam RTRW Provinsi Jawa Tengah. Jalan tol ini terhubung dengan Jalan Tol Semarang – Demak dan Jalan Tol Tuban – Lamongan – Gresik yang mendukung rute jalan tol Trans Jawa.

Jalan Tol Demak – Tuban merupakan salah satu proyek yang dibangun dengan skema KPBU solicited. Adapun Kementerian PUPR dalam proses pembangunan proyek bertindak sebagai PJPK dengan jenis pengembalian investasi berupa tarif. Proyek KPBU Jalan Tol Demak –  Tuban diharapkan mampu meningkatkan konektivitas serta menggerakkan perekonomian masyarakat. (Muhammad Ridwan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.