Jalan Tol Jasa Marga Raih Predikat Terbaik Kalahkan BUJT Lain

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) kembali meraih predikat jalan tol terbaik I dan rest area terbaik I dalam rangka penilaian jalan tol berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Yanita Petriella

4 Des 2022 - 17.37
A-
A+
Jalan Tol Jasa Marga Raih Predikat Terbaik Kalahkan BUJT Lain

Jalan tol Jagorawi. /dok JSMR

Bisnis, JAKARTA – PT Jasa Marga Tbk (JSMR) kembali meraih predikat jalan tol terbaik I dan rest area terbaik I dalam rangka penilaian jalan tol berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Untuk diketahui, penilaian pengelolaan jalan tol berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR berjalan selama 1,5 bulan dan menilai 47 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang ada di seluruh Indonesia. 

Penilaian jalan tol dan rest area berkelanjutan harus memenuhi kriteria yang tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) PUPR No.10 Tahun 2014 dan Permen PUPR No 12 Tahun 2018, yakni terpenuhinya core function di ruas jalan tol, seperti aspek kelancaran, keselamatan, dan kenyamanan pengguna ruas jalan tol. Kemudian terpenuhinya support function di rest area jalan tol berupa penerapan regulasi tentang tempat istirahat dan pelayanan pada jalan tol dan terpenuhinya fungsi kebutuhan pendukung dan pelengkap di rest area.

Predikat yang diraih oleh Jasa Marga antara lain pengelola jalan tol terbaik I kategori jalan tol panjang lebih dari 50 kilometer untuk jalan Tol Jagorawi.

Kemudian, pengelola jalan tol terbaik I kategori jalan tol panjang kurang dari 15 kilometer untuk jalan Tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo, serta pengelola jalan tol terbaik I kategori jalan tol layang (elevated) untuk jalan Tol Bali Mandara. 

Selain itu, Jasa Marga melalui PT Jasamarga Related Business (JMRB) juga meraih predikat pengelola Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area tipe A terbaik I untuk rest area Km 88 B Jalan Tol Cipularang.

Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano menyampaikan rasa terima kasihnya dan bersyukur atas apresiasi yang diberikan oleh Kementerian PUPR terhadap pengelolaan jalan tol berkelanjutan yang secara konsisten dilakukan di seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jasa Marga Group.

“Alhamdulillah di tahun ini Jasa Marga kembali diberi kepercayaan untuk menyandang predikat sebagai pengelola jalan tol terbaik dan rest area terbaik,” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (4/12/2022). 

Menurutnya, selain memperoleh predikat jalan tol terbaik I di tahun ini, sejumlah jalan tol Jasa Marga Group juga memperoleh juara di masing-masing kategori yang bertambah tiap tahunnya. 

Baca Juga: Kejar Waktu Penyelesaian Pembangunan Jalan Tol Akhir Tahun 2022

Hal ini melengkapi pencapaian positif yang diraih oleh perusahaan, di antaranya kelancaran dalam penyelenggaraan arus Mudik dan Balik Hari Raya Idul Fitri tahun ini hingga mendukung penyelenggaraan infrastruktur jalan tol hijau untuk Presidensi G20 Indonesia di Bali. Jasa Marga sebagai leader dalam industri jalan tol juga akan terus memprioritaskan pembangunan dan operasional jalan tol yang berkelanjutan. 

“Semoga predikat baik yang telah diperoleh Jasa Marga Group dalam hal proses bisnis hingga pelayanan jalan tol dapat kami tingkatkan terus melalui berbagai aspek, agar peningkatan atas hal tersebut juga akan berdampak positif pada pencapaian kinerja bagi Jasa Marga di kemudian hari,” tuturnya. 

Jasa Marga sebagai leader dalam industri jalan tol juga akan terus memprioritaskan pembangunan dan operasional jalan tol yang berkelanjutan. 

“Semoga predikat baik yang telah diperoleh Jasa Marga Group dalam hal proses bisnis hingga pelayanan jalan tol dapat kami tingkatkan terus melalui berbagai aspek, agar peningkatan atas hal tersebut juga akan berdampak positif pada pencapaian kinerja bagi Jasa Marga di kemudian hari,” katanya. 

Kemudian, selain di Rest Area Km 88 B Jalan Tol Cipularang, JMRB juga meraih Kategori Rest Area Tipe B untuk Rest Area KM 597 Jalan Tol Ngawi – Kertosono  dan Rest Area Km 538 Jalan Tol Solo – Ngawi.

JMT Regional Division Head Widiyatmiko Nursejati menuturkan penilaian jalan tol berkelanjutan Kementerian PUPR merupakan salah satu alat ukur untuk evaluasi terhadap pelayanan operasional dan pencapaian inovasi. Ini terutama dalam hal pengoperasian jalan tol hemat energi dan ramah lingkungan, sesuai dengan tema penilaian jalan tol pada tahun 2022. 

“Untuk Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo, ini merupakan penghargaan yang ketiga kalinya yang diraih oleh jalan tol tersebut,” ucapnya. 

Kendati demikian, raihan sejumlah predikat ini tak menjadikan Jasa Marga berhenti untuk berinovasi dan terus melakukan peningkatan pelayanan.

Menurutnya, terbukti secara konsisten dan berkesinambungan, Jasa Marga terus meningkatkan layanan kepada pengguna jalan. Hal ini meliputi aspek kelancaran, aspek kenyamanan, dan aspek keselamatan yang berkelanjutan dengan tetap mengedepankan produk dan proses yang ramah lingkungan dan tepat guna.

Direktur Utama PT JBT I Ketut Adiputra Karang menuturkan sejumlah penghargaan yang diterima oleh jalan Tol Bali Mandara merupakan titik awal dan berkesinambungan bagi pengelolaan jalan tol yang menjadi ikon Pulau Dewata tersebut. 

Tidak akan berhenti pada perhelatan Presidensi G20 Indonesia beberapa waktu lalu, pengelolaan jalan tol berbasis green environment dan green energy ini akan terus konsisten dilaksanakan untuk memberikan nilai tambah. 

“Jalan Tol Bali Mandara menjadi objek vital infrastruktur dalam penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia. Ke depannya, kami akan memberikan upaya maksimal dalam mengelola jalan tol ini untuk mempertahankan kontribusi positif pada lingkungan, sosial, masyarakat, hingga bangsa dan negara,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.