Jalan Tol Manado—Bitung Rampung Desember 2021

Ruas tol yang akan rampung dalam waktu dekat pada akhir Desember 2021 adalah jalan tol Manado—Bitung Seksi 2B Danowudo–Bitung sepanjang 13,5 km. 

Zufrizal

12 Nov 2021 - 14.52
A-
A+
 Jalan Tol Manado—Bitung Rampung Desember 2021

Salah satu ruas tol Manado-Bitung./Kementerian PUPR

Bisnis, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama mitra kerja dan badan usaha jalan tol terus melanjutkan pembangunan sejumlah proyek jalan tol dalam rangka peningkatan konektivitas. 

Salah satu ruas tol yang akan rampung dalam waktu dekat pada akhir Desember 2021 adalah jalan tol ManadoBitung Seksi 2B Danowudo–Bitung (13,5 km), menyusul ruas ManadoDanowudu sepanjang 26 km yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada September 2020.  

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan ruas tol ManadoBitung merupakan salah satu dukungan yang signifikan bagi pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas ManadoBitungLikupang. 

"Saat ini sedang dilaksanakan juga pembangunan  berbagai infrastruktur pendukung pariwisata lainnya, seperti jalan akses ManadoLikupang, Jembatan Marinsow, SPAM  [sistem penyediaan air minum] Malalayang, TPA [tempat pembuangan akhir] Mamitarang dan pengendali banjir," katanya seperti dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (11/11/2021).

Tol Manado-Bitung dibuka menjelang Lebaran

Berdasarkan data, saat ini progres konstruksi Seksi 2B DanowuduBitung sudah 96,04% dengan pekerjaan yang tersisa berupa pengecoran deckslab Jembatan Ranowulu, erection girder pada beberapa lokasi jalan lintas atas, serta beberapa pekerjaan minor lainnya seperti pekerjaan saluran, pasangan batu bronjong sabodam, pekerjaan jalan akses Maramis & R.A. Kartini, serta pekerjaan pengaspalan tapper di simpang sebidang Bitung dan Jembatan Maramis. 

Dengan tersambung seluruhnya jalan tol ManadoBitung akan dapat mengurangi beban jalan arteri nasional yang kondisinya makin padat akibat pertumbuhan jumlah kendaraan dan aktivitas perekonomian untuk menunjang kegiatan perekonomian di Provinsi Sulawesi Utara. 

Jalan tol tersebut akan memberikan kemudahan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung yang merupakan salah satu dari pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur.

Jika seluruh ruas tol sepanjang 40 km tersebut rampung, keberadaannya  akan memangkas waktu tempuh ManadoBitung dari waktu tempuh rata-rata 1,5 jam menjadi setengah jam. 

Tol ManadoBitung dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) dengan nilai investasi total Rp5,12 triliun. Konstruksi pada ruas ManadoAirmadidi sepanjang 15 km didanai oleh APBN, sedangkan ruas AirmadidiBitung sepanjang 25 km dilaksanakan oleh PT Jasa Marga Manado–Bitung. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.