Free

Jalan Tol Pacu Industri dan Pariwisata di Lampung dan Jawa Timur

Kehadiran jalan tol secara nyata mampu membangkitkan perekonomian di suatu daerah. Hal itu pula yang tgerlihat di Jawa Timur dan Lampung. Industri dan pariwisata di dua daerah tersebut ikut terpacu dengan kehadiran jalan tol.

M. Syahran W. Lubis

15 Mar 2022 - 19.52
A-
A+
Jalan Tol Pacu Industri dan Pariwisata di Lampung dan Jawa Timur

Gerbang Tol Warugunung di Kecamatan Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur./Jasa Marga

Bisnis, JAKARTA – Kehadiran jalan tol selalu membangkitkan perekonomian di sepanjang lintasan infrastruktur tersebut. Hal itu pula yang terjadi di Jawa Timur. Kehadiran Jalan Tol Surabaya–Mojokerto mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata.

Jalan Tol Surabaya–Mojokerto yang dikelola oleh PT Jasamarga Surabaya Mojokerto berperan penting sebagai pintu utama menuju Jawa Timur yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan wisata di provinsi tersebut.

Banyak bermunculan industri berkelas nasional dan multinasional tumbuh di sekitar Jalan Tol Surabaya–Mojokerto antara lain PT Wings Surya, PT Miwon Indonesia Tbk., PT Gudang Garam Tbk., PT Garuda Food Putra Putri Jaya, PT Ajinomoto Indonesia Tbk., PT Tjiwi Kimia Paper Factory Tbk., dan PT Mermaid Textile Industry.

Denyut nadi kegiatan sektor wisata juga semakin kencang. Jalan Tol Surabaya–Mojokerto memberikan kemudahan akses perjalanan menuju berbagai objek wisata menarik di Surabaya, Mojokerto, Malang, Pasuran, dan sekitarnya seperti Kebun Binatang Surabaya, Taman Kenjeran, Taman Bungkul, Desa Wisata Tanaman Hias dan Wisata sejarah peninggalan kerajaan Majapahit.


Jalan Tol Surabaya–Mojokerto yang membentang sepanjang 36,27 kilometer memiliki total 11 akses gerbang tol pelayanan transaksi yaitu Gerbang Tol (GT) Waru 3, 4, 5, 6, GT Driyorejo 1 , 2, 3, 4, GT Krian, GT Penompo, dan GT Warugunung.

Salah satu gerbang paling sibuk di Jalan Tol Surabaya–Mojokerto adalah GT Warugunung yang terletak di Km 741 ruas Jalan Tol Surabaya–Gempol.

Gerbang tol ini sering dijuluki sebagai gerbang barrier menuju Jawa Timur yang menjadikan Jalan Tol Surabaya–Mojokerto sebagai pintu strategis penghubung antardaerah, wilayah industri, dan pariwisata di Jawa Timur.

Direktur Utama PT Jasamarga Surabaya Mojokerto Widiyatmiko Nursejati menjelaskan bahwa rata-rata lalu lintas transaksi harian di GT Warugunung mencapai 16.219 kendaraan.

Dia memerinci peningkatan volume kendaraan biasa terjadi pada periode menjelang hari besar dan libur nasional. Sebagai contoh pada akhir Februari 2022, rata-rata jumlah kendaraan yang melintas dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur tercatat di GT Warugunung sebanyak 19.057 kendaraan atau meningkat 17,5% apabila dibandingkan dengan hari biasa.

Widiyatmiko juga menjelaskan gambaran efisiensi waktu tempuh perjalanan kalau menggunakan jalan tol.

Gerbang Tol Mojokerto Barat di ruas jalan tol Surabaya–Mojokerto di Jawa Timur./Jasa Marga

Perjalanan dari Surabaya menuju Mojokerto dan sebaliknya apabila melalui jalan tol memerlukan waktu kurang lebih 28 menit dibandingkan dengan jalan nontol yaitu selama kurang lebih 50 menit atau dapat menghemat waktu sekitar 44%. “Manfaat efisiensi waktu ini diharapkan dapat dirasakan oleh semua pihak,” kata Widiyatmiko.

Jadi, keberadaan Jalan Tol Surabaya–Mojokerto di Jawa Timur sebagai bagian sistem jaringan jalan dan transportasi nasional memiliki peranan penting di jaringan Jalan Tol Trans Jawa, karena mendukung pengembangan wilayah, meningkatkan pemerataan hasil pembangunan, memperlancar kegiatan industri, pariwisata dan logistik antardaerah antarwilayah, serta mempercepat mobilisasi orang, barang, dan jasa dengan memangkas waktu tempuh perjalanan.

Peran JTTS di Lampung

Kondisi serupa juga terjadi di Lampung, lokasi paling selatan dan pintu masuk Pula Sumatra dari Pulau Jawa. Kehadiran jalan tol di Provinsi Lampung membawa manfaat bagi kegiatan pariwisata.

Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Bakauheni–Terbanggi dan Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung yang dibangun dan dikelola PT Hutama Karya (Persero) membangkitkan roda perekonomian mulai dari gerai oleh-oleh hingga perhotelan yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19.


Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung mencatat bahwa tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di daerah itu pada Januari 2022 tercatat 51,19%, masih menurun 9,95 poin dibandingkan dengan TPK hotel pada Desember 2021 yang 61,14%.

Akan tetapi, pergerakan itu menunjukkan peningkatan apabila dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2021, TPK hotel berbintang meningkat 13,56 poin.

Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Desa Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung,/Antara

BPS Lampung juga mencatat bahwa jumlah tamu selama Januari 2022 yang menginap di hotel berbintang mencapai 54.266 orang, terdiri atas 28 tamu asing dan 54.238 tamu domestik. Sayangnya, kondisi itu memperlihatkan grafik menurun 19.506 orang (26,44%) dibandingkan dengan Desember 2021 yang 73.772 orang.

Begitu pula dengan rata-rata lama menginap tamu (RLMT) pada hotel berbintang di Lampung pada Januari 2022 tercatat 1,34 hari, turun 0,07 hari dibandingkan dengan RLMT hotel berbintang pada Desember 2021 yang 1,41 hari.

Sumber: Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung

Meski begitu, ada sikap optimistis muncul bahwa kondisi semakin membaik setelah PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) pada akhir Oktober tahun lalu memulai konstruksi pengembangan kawasan pariwisata terintegrasi Bakauheni Harbour City di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, yang berdekatan dengan Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni.

Masterplan Bakauheni Harbour City./PT ASDP Indonesia Ferry

Pembangunan Bakauheny Harbour City tahap pertama dimulai tahun lalu meliputi Menara Siger sebagai kawasan budaya, Masjid Bakauheni, serta theme park oleh Jatim Park Group.

Jadi, memang kehadiran jalan tol membangkitkan perekonomian suatu daerah. Semoga kebijakan pemerintah daerah juga mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat bukan hanya di sekitar jalan tol, melainkan ke seluruh wilayah di provinsi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.