Jalan Tol Serang—Panimbang Seksi 1 Diresmikan 

Pembangunan jalan tol Serang—Panimbang dibagi menjadi tiga seksi yang terbentang sepanjang 83,67 km dengan pembagian seksi 1 dan 2 atau Serang—Cileles sepanjang 50,67 km dan Seksi 3 Cileles—Panimbang sepanjang 33 km. Seksi 2 dan 3 ruas tol Panimbang ditargetkan rampung pada akhir 2023.

Akbar Evandio

16 Nov 2021 - 14.17
A-
A+
Jalan Tol Serang—Panimbang Seksi 1 Diresmikan 

Peta lokasi jalan tol

Bisnis, JAKARTA — Jalan tol Serang—Panimbang Seksi 1 sepanjang 26,5 km yang menghubungkan Serang—Rangkasbitung di gerbang tol Rangkasbitung pada Selasa (16/11/2021) diresmikan Presiden Joko Widodo.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim tol Serang—Panimbang Seksi 1 ruas Serang—Rangkasbitung [sepanjang 26,5 km] pagi ini saya resmikan," ujar Jokowi dikutip lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (16/11/2021).

Menurutnya, pembangunan infrastruktur berupa jalan tol tersebut merupakan upaya pemerintah untuk dapat bersaing dengan negara-negara lain.

“Berkali-kali saya sampaikan infrastruktur adalah fondasi bagi negara kita untuk bersaing dengan negara lain. Artinya, yang kita kejar adalah daya saing kita sebab tidak mungkin negara bisa melampaui negara lain kalau indeks competitiveness-nya lebih rendah,” katanya.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa tanpa infrastruktur, distribusi barang-barang yang ada akan terus mengalami tantangan yang sama sehingga harganya tetap menjadi lebih tinggi.

“Kalau infrastruktur siap, barang-barang kita terdistribusi lebih baik dan lebih murah, infrastruktur ini akan memperbaiki [alur] logistik, menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru oleh komoditas, dan memberikan fasilitas pada produksi menuju konsumen mereka, serta akan muncul pembukaan lapangan kerja, dan terakhir membangun peradaban agar tidak tertinggal,” tuturnya.

Dia memerinci untuk tahap pertama, baru jalan tol Seksi 1 Serang—Rangkasbitung sepanjang 26,5 km saja yang dinyatakan siap beroperasi.

Pembangunan jalan tol Serang—Panimbang dibagi menjadi tiga seksi yang terbentang sepanjang 83,67 km dengan pembagian seksi 1 dan 2 atau Serang—Cileles sepanjang 50,67 km dan Seksi 3 Cileles—Panimbang sepanjang 33 km. Seksi 2 dan 3 ruas tol Panimbang ditargetkan rampung pada akhir 2023.

Presiden Jokowi berharap agar kehadiran jalan tol bisa memperlancar arus barang dan orang.

"Kemudahan konektivitas merupakan faktor penting mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Pembiayaan tol berasal dari sindikasi perbankan senilai Rp8,58 triliun khusus untuk dua seksi pertama. Lalu, untuk seksi 3 berasal dari konstruksi pemerintah dengan biaya mencapai Rp4,6 triliun.

Investor utama proyek adalah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan PT PP (Persero) Tbk., sedangkan sindikasi bank antara lain terdiri atas PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Syariah Indonesia Tbk., Bank Panin Dubai.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa jalan tol Serang—Panimbang bakal menghubungkan sejumlah kota dan kabupaten, yakni Serang, Lebak, dan Pandeglang.

"Kehadiran tol Serang—Panimbang diharapkan akan mendukung pengembangan ekonomi wilayah Banten Tengah dan Banten Selatan dengan Banten Utara yang secara geografis berdekatan dengan Ibu Kota DKI Jakarta," ujar Basuki melalui siaran pers, Selasa (16/11/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.