Jalur Kereta Api Mengungkit Daya Saing Sulawesi

Proyek kereta pertama di Pulau Sulawesi ini melayani konektivitas pada lima wilayah kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, yaitu Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Kabupaten Barru, Kota Makassar, dan Kota Parepare.

Fatkhul Maskur

29 Mar 2023 - 18.44
A-
A+
Jalur Kereta Api Mengungkit Daya Saing Sulawesi

Presiden RI Joko Widodo saat mengunjungi Stasiun Rammang-Rammang di Maros usai meresmikan KA Makassar - Parepare. - Bisnis/Nugroho Nafika Kassa

Bisnis, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Kereta Api Makassar-Parepare untuk rute Maros-Barru, dan Depo Kereta Api Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (29/3/2023). Pembangunan angkutan transportasi massal kereta api terlambat lebih dari 30 tahun.

“Sekarang ini baru dari Makassar sampai Parepare, dan yang sekarang ini yang kita resmikan ini jalur dari Maros ke Barru,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan Jalur Kereta Api Makassar-Parepare antar Maros-Barru dan Depo Kereta Api Maros di Kabupaten Maros.

Jalur kereta api (KA) dari Stasiun Maros di Kabupaten Maros sampai Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru memiliki panjang 80 kilometer dan merupakan bagian dari proyek KA Makassar--Parepare sepanjang 145 kilometer (km), yang sudah terbangun sepanjang 120 km.

Presiden Jokowi mengatakan pengoperasian pada hari ini dan semakin banyaknya gerbong kereta serta layanan perjalanan akan meningkatkan daya saing perekonomian di Sulawesi karena jasa transportasi menggunakan kereta api memiliki biaya yang murah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Jalur Kereta Api Mengungkit Daya Saing Sulawesi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.