Jalur Menurun Surplus Neraca Dagang RI

Pemerintah menurunkan target surplus neraca perdagangan pada 2024 setelah realisasi surplus pada tahun lalu di bawah ekspektasi.

Ni Luh Anggela

27 Feb 2024 - 18.46
A-
A+
Jalur Menurun Surplus Neraca Dagang RI

etugas mengatur arus lalulintas yang mulai mengular menjelang sore di pintu masuk IPC Terminal Petikemas ( IPC TPK ), Tanjung Priok, Jumat (20/10/2023). Bisnis/Adam Rumansyah

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah menurunkan target surplus neraca perdagangan pada 2024 setelah realisasi surplus pada tahun lalu di bawah ekspektasi.

Surplus neraca perdagangan Indonesia memang terus berlangsung selama 45 bulan berturut-turut. Kinerja positif ini diperoleh sekitar Maret 2020 - Januari 2024. Meski begitu, capaian tersebut naik turut sepanjang empat tahun terakhir. 

Pada 2023, Kemendag mematok surplus neraca perdagangan senilai US$36,93 miliar. Realisasinya, pemerintah membukukan surplus di bawah target awal yakni pada kisaran US$ 38,3 miliar - US$38,5 miliar. 

Setelah raihan tersebut, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga membeberkan penyesuaian target surplus di batas bawah pada tahun ini menjadi US$31,6 miliar hingga US$53,4 miliar pada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.