Jalur Mulus Utang Negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani agaknya sumringah tidak hanya dari kinerja penerimaan yang mungkin melampaui target, tetapi penerbitan utang negara baru juga diperkirakan bakal lebih rendah dari rencana.

Rinaldi Azka

16 Jul 2023 - 18.55
A-
A+
Jalur Mulus Utang Negara

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah memperkirakan realisasi pembiayaan utang dalam APBN 2023 akan mencapai Rp406,4 triliun lebih rendah dari yang dianggarkan UU APBN 2023. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa perkiraan realisasi pembiayaan utang tersebut lebih rendah Rp289,9 triliun dari target APBN Tahun Anggaran 2023 yakni sebesar Rp696,3 triliun.

Sementara jika dibandingkan dengan realisasi pada tahun lalu yang mencapai Rp696,0 triliun, pembiayaan hingga akhir 2023 diperkirakan turun sebesar 41,61 persen.

“Sampai dengan akhir tahun, dengan penerimaan yang masih cukup kuat dan belanja yang terpenuhi semuanya, kami memperkirakan pembiayaan akhir tahun bisa diturunkan 41,61 persen atau realisasi pembiayaan utang akan lebih rendah Rp289,9 triliun tahun ini,” katanya dalam rapat kerja bersama dengan Badan Anggaran DPR RI, Senin (10/7/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Jalur Mulus Utang Negara

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.