Jaminan Pemerintah Jalur Mudik Aman Dilalui di Tengah Cuaca Ekstrem

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabodetabek pada H-7 sampai dengan H-5 Lebaran 2024 sudah mencapai 551.876 kendaraan.

Yanita Petriella & Alifian Asmaaysi

6 Apr 2024 - 23.50
A-
A+
Jaminan Pemerintah Jalur Mudik Aman Dilalui di Tengah Cuaca Ekstrem

Ruas tol Cisumdawu. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah mengeklaim telah menyiapkan sejumlah antisipasi seperti rekayasa lalu lintas, memastikan kemantapan infrastruktur jalan nasional dan tol, hingga langkah mitigasi cuaca di tengah puncak musim hujan.

Menurut Survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) 2024, pergerakan nasional periode Lebaran 2022 sejak 3 tahun lalu terus menanjak. Pada saat pandemi 2022, pergerakan periode Lebaran mencapai 85,5 juta, lalu meningkat 123,8 juta pada 2023, dan diproyeksikan mencapai 193,6 juta pada tahun ini.

Tantangan cuaca menjadi perhatian khusus mengingat sejumlah bencana alam telah menyebabkan kerusakan infrastruktur di beberapa titik. Pada Rabu (3/4) malam, ruas tol Bocimi KM 64 ke arah Sukabumi longsor sehingga tidak maksimal untuk dilalui pemudik.

Selain longsor di ruas tol, sejumlah jalan nasional di sepanjang jalur pantura kerap rawan banjir, sedangkan jalur tengah dan pansela rawan longsor sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan panjang. Di sektor moda laut dan udara, potensi cuaca ekstrem harus segera diantisipasi sedini mungkin demi keselamatan dan kelancaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.