Jamu Jaga Stamina SIDO Tolak 'Masuk Angin'

Saham emiten farmasi, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO) agaknya masih dipandang sebelah mata oleh investor, meski kinerja pada kuartal III/2022 menujukkan peningkatan. Kinerja itu pun dapat menjadi suntikan stamina saham produsen Tolak Angin itu.

Asteria Desi Kartikasari

6 Des 2022 - 19.20
A-
A+
Jamu Jaga Stamina SIDO Tolak 'Masuk Angin'

Irwan Hidayat, Direktur Utama PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO), berfoto di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, Senin (10/2/2014). Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis, JAKARTA— Saham emiten farmasi, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO) agaknya masih dipandang sebelah mata oleh investor, meski kinerja pada kuartal III/2022 menunjukkan peningkatan. Kinerja itu pun dapat menjadi suntikan stamina saham produsen Tolak Angin itu.

Performa SIDO tercermin dari penjualan pada kuartal III/2022 yang mencapai Rp1,0 triliun. Capaian tersebut meningkat 37 persen dibandingkan dengan penjualan pada kuartal II/2022 yang hanya mencapai Rp731,60 miliar. 

Dengan penjualan tersebut, laba bersih yang diperoleh emiten jamu tersebut selama Juli-September 2022 juga tumbuh 83 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya menjadi Rp274,88 miliar.

Terlepas dari perbaikan performa secara kuartalan, penjualan SIDO sepanjang Januari—September 2022 tercatat masih lebih rendah daripada periode yang sama tahun lalu. Sampai akhir September 2022, SIDO membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,61 triliun atau turun 6 persen year on year (yoy) dibandingkan dengan Rp2,77 triliun pada Januari—September 2021.
 
 Laba bersih SIDO juga masih terkoreksi 17 persen yoy, dari Rp865,49 miliar menjadi Rp720,44 sepanjang 2022. Adapun penurunan tersebut disebabkan oleh normalisasi permintaan produk kesehatan, mengingat permintaan pada tahun lalu cukup tinggi akibat sebaran varian Delta Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.