Jamu Kuat Hutama Karya Sambungkan Ruas Jalan Tol Trans-Sumatra

Segala cara dilakukan pemerintah agar konektivitas Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) dari utara Sumatra hingga ke selatan tetap tersambung. Upaya itu dilakukan dengan melalui suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN) maupun upaya BUJT melakukan divestasi saham pada ruas jalan tol yang telah beroperasi.

Yanita Petriella

29 Sep 2022 - 21.37
A-
A+
Jamu Kuat Hutama Karya Sambungkan Ruas Jalan Tol Trans-Sumatra

Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang yang tengah diselesaikan oleh Hutama Karya.

Bisnis, JAKARTA – Pembangunan ruas Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) terus dikebut. Membangun jalan tol memang bukan perkara yang mudah. Butuh pendanaan yang besar dan juga perusahaan yang sehat untuk bisa terus membangun jalan tol. 

Adapun salah satu cara agar BUMN Karya bisa membangun ruas jalan tol yakni dengan suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN). PT Hutama Karya (Persero) akan mendapatkan suntikan dana PMN sebesar Rp 28,84 triliun di tahun 2023 mendatang. Angka ini lebih rendah dari PMN yang diajukan sebelumnya.

Sebelumnya, pada 15 Juni 2022, Wakil Menteri BUMN II Kartiko Wirjoatmodjo menjelaskan PMN terbesar akan disalurkan ke PT Hutama Karya (Persero) sebesar Rp30,56 triliun di tahun depan yang dipakai membangun lanjutan JTTS. Nilai PMN Hutama Karya ini lebih rendah dibandingkan pengajuan awal yang sebesar Rp36,78 triliun.
 
Direktur Utama PT Hutama Karya, Budi Harto mengatakan alokasi PMN senilai Rp28,84 triliun tersebut akan digunakan untuk kembali melanjutkan proyek JTTS sehingga dapat tersambung hingga 1.250 kilometer pada 2024.

Menurutnya pembangunan JTTS sangat layak dari segi ekonomi karena akan menghubungkan pusat-pusat perekonomian di Sumatera. Namun demikian, secara pendanaan masih butuh intervensi dari pemerintah dan telah dilakukan melalui dana PNM.
 
“Hutama Karya diberikan tugas khusus dari pemerintah untuk menangani pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera dan sudah berjalan dari tahun 2015,” ujarnya, Kamis (29/9/2022). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Jamu Kuat Hutama Karya Sambungkan Ruas Jalan Tol Trans-Sumatra

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.