Free with Login

Janji AHY Jamin Sertifikat Tanah Aman dari Peretas Kala Data PDN Bocor,

Capaian PTSL mencatat sebanyak 113,8 juta bidang tanah itu mendongkrak peningkatan sertifikasi lahan di tanah air mencapai 250% jika dibandingkan dengan tahun 2017 saat program PTSL pertama kali dijalankan.

Alifian Asmaaysi

29 Jun 2024 - 13.47
A-
A+
Janji AHY Jamin Sertifikat Tanah Aman dari Peretas Kala Data PDN Bocor,

Bisnis, JAKARTA – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bakal memperkuat sistem keamanan guna melindungi dokumen sertifikat elektronik masyarakat dari peretas. Hal ini berkaca dari kasus server Pusat Data Nasional (PDN) yang baru-baru ini lumpuh karena diserang ransomware.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan pihaknya terus serius untuk meyakinkan agar keamanan security and privacy dari warga negara yang data-datanya tersimpan dalam sistem yang dimiliki di Kementerian ATR/ BPN. 

Saat ini baru terdapat 5 kantor pertanahan yang telah siap menghadirkan layanan sertifikat elektronik dari 14 kabupaten dan kota. Sejalan dengan hal itu, pihaknya mewanti-wanti jajarannya untuk dapat menjaga keamanan sistem tersebut.

Pada kesempatan yang sama, AHY tampak tak gentar mendorong transformasi pengadaan sertifikat elektronik. Salah satu upaya realisasinya, bakal dilakukan melalui situs INA Digital yang merupakan layanan aplikasi digital terpadu milik pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.