Janji Bersih-Bersih Grup MIND ID, Timah hingga Antam

Kinerja MIND ID secara konsolidasi mencetak kenaikan laba bersih dalam 3 tahun terakhir, yaitu Rp14,3 triliun pada 2021, naik menjadi Rp22,5 triliun pada 2022, kemudian menjadi Rp27,5 triliun pada 2023. Meski begitu, holding menjanjikan bersih-bersih untuk perusahaan di bawah bendera perseroan.

Rayful Mudassir & Lukman Nur Hakim

6 Jun 2024 - 16.15
A-
A+
Janji Bersih-Bersih Grup MIND ID, Timah hingga Antam

Aktivitas pengolahan dan pemurnian timah di PT Timah Tbk. (TINS). Istimewa/MIND ID

Bisnis, JAKARTA - Holding BUMN pertambangan atau MIND ID menjanjikan bersih-bersih di seluruh anggota holding terutama terkait timah dan perdagangan emas.

Setidaknya, nama dua anggota holding PT Timah Tbk (TINS) dan PT Aneka Tambang, Tbk (ANTM) santer terseret sejumlah kasus hukum yang kini sedang ditangani aparat Kejaksaan Agung. 

Timah tersandung kasus dugaan korupsi tata kelola dan tata niaga timah sepanjang 2015 - 2022. Kasus tersebut telah menyeret sekitar 20 orang sebagai tersangka. Adapun kerugian yang ditimbulkan dari aksi culas ini ditaksir mencapai Rp300 triliun. 

Di lain sisi, ANTM sedang menghadapi dugaan praktik lebur cap ilegal pada emas antam yang diperkirakan mencapai 109 ton sepanjang 2011 - 2022. Dua kasus ini menyita perhatian publik sekaligus menuntut manajemen MIND ID untuk menyelesaikan perkara tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.