Janji Kemudahan RI ke TikTok Usai Lapak Jualannya Ditutup

Mendag Zulkifli Hasan atau Zulhas berjanji bakal membantu TikTok membuat e-commerce baru usai TikTok Shop ditutup.

Dwi Rachmawati

5 Okt 2023 - 12.35
A-
A+
Janji Kemudahan RI ke TikTok Usai Lapak Jualannya Ditutup

Ilustrasi Tiktok Shop. /Shutterstock

Bisnis, JAKARTA – TikTok Shop resmi ditutup di Indonesia pada Rabu 4 Oktober 2023. Dengan demikian, media sosial tersebut tidak dapat lagi melayani transaksi jual beli di platform-nya.

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan atau Zulhas berjanji bakal membantu TikTok membuat e-commerce baru usai TikTok Shop ditutup.

Zulhas mengatakan selama ini pemerintah tidak melarang TikTok beroperasi. Hanya, TikTok tidak diperbolehkan melakukan transaksi jual-beli di dalam platform-nya melalui fitur TikTok Shop.

Hal itu seiring dengan mulai berlakunya Permendag No. 31/2023 sebagai revisi dari Permendag No. 50/2020 tentang aturan penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik.

Baca juga: Dilema Produk Impor E-commerce, Diminati Meski Terus Dibenci

"Kalau mau jualan nanti bisa urusin [izin] e-commerce. Kita bantu. Jadi tidak usah khawatir," kata Zulhas saat berkunjung ke ITC Mangga Dua, Rabu (4/10/2023).

Kendati demikian, Zulhas mengatakan hingga kini TikTok belum mengajukan izin membentuk e-commerce kepada Kemendag. TikTok baru mengirimi surat kepada Kemendag yang berisi kesiapan platform media sosial asal China itu untuk menaati aturan Permendag No. 31/2023 dengan menutup fitur TikTok Shopnya per 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB.

"Belum [ajukan izin e-commerce]. TikTok sudah mengatakan mereka akan sebagai social media," kata Zulhas.

Dia pun menegaskan, TikTok sebagai media sosial dan social commerce hanya diperbolehkan untuk mempromosikan barang tanpa adanya transaksi jual-beli layaknya e-commerce.


Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. BISNIS/Ni Luh Anggela

Aturan social commerce secara mendetail tertuang dalam pasal 21 ayat 3 Permendag No. 31/2023. Dengan begitu, e-commerce harus dipisahkan dari platform media sosial.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Selasa (3/10/2023), TikTok melalui situs resminya mengatakan akan menutup TikTok Shop di Indonesia mulai Rabu 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB. Keputusan TikTok menutup TikTok Shop sebagai upaya mereka menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia.

Baca juga: TikTok Shop Tutup, Bagaimana Kepastian Pesanan Konsumen?

"Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per 4 Oktober pukul 17.00 WIB," ujar TikTok dalam keterangan resminya.

Meski begitu, TikTok mengatakan bahwa pihaknya masih akan terus berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana bisnis mereka ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.