Jasa Marga Catat Rekor Volume Lalu Lintas Tertinggi Saat Lebaran

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat rekor melayani volume lalu lintas tertinggi pada periode arus mudik sepanjang libur Idulfitri di Indonesia selama ini.

M. Syahran W. Lubis

1 Mei 2022 - 00.07
A-
A+
Jasa Marga Catat Rekor Volume Lalu Lintas Tertinggi Saat Lebaran

Jalan tol Jagorawi yang dikelola Jasa Marga./Antara

Bisnis, JAKARTA –  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat rekor melayani volume lalu lintas tertinggi pada periode arus mudik sepanjang libur Idulfitri di Indonesia selama ini.

Pada H-3 Idul Fitri 1443 H pada hari Jumat (29/04/2022), sebanyak 105.016 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju timur yakni Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya., Jumlah itu meningkat 165,5% dari lalu lintas normal periode November 2021 sebanyak 39.554 kendaraan.

Angka ini memecahkan rekor sebelumnya, pada periode arus mudik Idulfitri 2019, Jasa Marga juga mencatat rekor tertinggi melayani volume lalu lintas saat arus mudik, yaitu 103.077 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju timur via Jalan Tol Trans Jawa yang melintas melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru melalui keterangan tertulis pada Sabtu (30/04/2022) malam menjelaskan untuk melayani pengguna jalan dengan maksimal, BUMN itu mengoperasikan total gardu operasi hingga dua kali lipat dari kondisi lalu lintas normal.

“Kami memaksimalkan kapasitas gerbang tol untuk melayani peningkatan volume lalu lintas di GT Cikampek Utama, yang mengoperasikan total 30 lajur transaksi serta penambahan 4 mobile reader secara tandem,” kata Heru.

Dia menggarisbawahi bahwa terselenggaranya layanan arus mudik dengan lalu lintas tertinggi sepanjang libur Lebaran ini tidak lepas dari kerja bersama dengan Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta stakeholder terkait lainnya.

Heru mengutarakan pula bahwa atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga mendukung pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way yang saat ini diberlakukan dari Km 70 GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta–Cikampek hingga Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang–Semarang.

Sebelumnya, one way diperpanjang hingga Km 442 Simpang Susun Bawen Jalan Tol Semarang–Solo. Melihat kondisi di lapangan serta sesuai dengan diskresi Kepolisian, sejak pukul 16.10 WIB, one way dari Banyumanik Km 420 s.d Bawen Km 442 ditutup.

Kemudian, pada pukul 20.35 WIB dilanjutkan dengan penutupan one way dari GT Kalikangkung Km 414 sampai dengan Banyumanik Km 420, sehingga saat ini rekayasa lalu lintas yang sedang berlangsung adalah one way KM 70 GT Cikampek Utama sd Kalikangkung Km 414.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.