Jasa Marga Kembangkan Hotel di Rest Area, Gandeng Alfaland

Jasa Marga menggandeng Alfaland Group untuk mengembangkan perhitelan di berbagai rest area jalan tol di berbagai daerah dengan untuk tahap awal di Pulau jawa.

M. Syahran W. Lubis

11 Jan 2022 - 22.52
A-
A+
Jasa Marga Kembangkan Hotel di Rest Area, Gandeng Alfaland

Salah satu rest area yang dikelola oleh PT Jasamarga Related Business./Jasa Marga

Bisnis, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui PT Jasamarga Related Business (JMRB), menggandeng Omega Hotel Management (OHM) untuk menggencarkan pengembangan rest area di jalan tol.

OHM merupakan bagian dari Alfaland Group. Kerja sama kedua perusahaan tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani pada Senin (10/01/2022) di Jakarta, demikian keterangan tertulis Jasa Marga pada Selasa (11/01/2022).

Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso menjelaskan kerja sama pengembangan rest area ini menyusul terbitnya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) No. 28/2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol.

“Dengan adanya permen tersebut, kualitas pelayanan bagi pengguna jalan tol dapat lebih ditingkatkan, karena rest area dapat dikembangkan dengan menambah fasilitas penunjang berupa sentra bisnis lokal atau daerah, area logistik, kawasan industri, hingga destinasi penunjang wisata, termasuk fasilitas inap,” kata Cahyo.

Penandatanganan kerja sama PT JMRB dan OMH./Istimewa

Dia mengutarakan potensi pengembangan fasilitas inap di rest area saat ini masih dikaji lebih lanjut oleh PT JMRB dan OHM, dengan identifikasi awal untuk ruas jalan tol yang cocok dengan fasilitas inap ini adalah jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

Target utama, tuturnya, adalah pengguna jalan jarak jauh, yang selama ini memerlukan fasilitas inap untuk perjalanan dari Jakarta atau bahkan Merak menuju Semarang atau Surabaya serta sebaliknya, harus keluar jalan tol terlebih dahulu baru menemukan hotel terdekat.

Dia mengemukakan 85% rest area jalan tol yang dikelola oleh PT JMRB terletak di jaringan Jalan Tol Trans Jawa, sehingga potensi pengembangan fasilitas inap ini terbuka. “Namun, tidak menutup kemungkinan bila nantinya diperlukan di rest area kami di jalan tol luar Jawa."

Dengan pertimbangan itu, kata Cahyo, PT JMRB memerlukan mitra strategis yang dapat bekerja sama dengan saling memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki kedua pihak, salah satunya adalah OHM di bawah naungan Alfaland Group.


Senada dengan Cahyo, Director of Operations PT Omega Hotel Manajemen Aswin Drajat Sukrisna mengatakan pada masa pandemi ini, OHM terus berkarya dan berinovasi dengan menggandeng mitra potensial, dalam hal ini PT JMRB.

Bersama PT JMRB, tuturnya, OHM ingin mengembangkan bisnis perhotelan yang dapat memajukan industri pariwisata dengan menghadirkan fasilitas akomodasi yang terbaik bagi masyarakat yang menghampiri seluruh rest area yang dikembangkan PT JMRB.

“Kami sepakat dengan PT JMRB, saat ini rest area yang berpotensi untuk menghadirkan hotel adalah rest area di Jalan Tol Trans Jawa, tetapi tidak tertutup kemungkinan bila nantinya dibutuhkan di jalan tol luar Jawa,” kata Aswin.

Selaku anak usaha Jasa Marga yang bergerak di bidang pengembangan kawasan termasuk rest area di ruas-ruas jalan tol milik Jasa Marga Group, PT JMRB terus mengkaji potensi pendapatan dari tempat istirahat yang dikelolanya. PT JMRB kini mengelola 27 rest area yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, OHM merupakan operator hotel lokal yang mengelola 17 hotel dengan beragam brand yang tersebar di Jakarta, Bandung, Cirebon, Puncak Cisarua, Kuningan, Yogyakarta, Sidoarjo, Medan, Palembang, Pekanbaru, dan Pangkalpinang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.