Jejak Pembalikan Arah Jelang Era Suku Bunga Rendah

Sentimen pada paruh kedua 2024 diperkirakan memberikan suntikan tenaga kepada saham dan surat utang.

Duwi Setiya Ariyanti

1 Jul 2024 - 14.39
A-
A+
Jejak Pembalikan Arah Jelang Era Suku Bunga Rendah

Arah pembalikan kinerja aset saat suku bunga rendah

Jejak pembalikan arah kinerja aset pasar modal kian dekat menjelang dimulainya era suku bunga rendah. Kondisi ini menandai prospek cerah bagi kinerja surat utang maupun saham di Tanah Air.

Berdasarkan data Penilai Harga Efek Indonesia (PHEI), Indonesia Composite Bond Index (ICBI) tercatat tumbuh 3,61% sepanjang 2024. Sementara itu, Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat bahwa kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) terkoreksi 2,88% pada periode yang sama. 

Kepala Ekonom PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Suhindarto mengatakan bahwa secara umum, perubahan siklus suku bunga acuan menjadi salah satu katalis bagi kinerja aset di pasar keuangan. Dia berujar bahwa suku bunga acuan yang tinggi menimbulkan koreksi di pasar saham dan surat utang. Alasannya, tingginya suku bunga acuan acapkali diiringi dengan pelemahan nilai tukar sehingga menekan kinerja kedua aset tersebut. 

Di sisi lain, suku bunga acuan yang mahal membuat investor meminta kupon surat utang yang lebih tinggi. Di pasar saham, suku bunga acuan mahal juga menjadi penekan bagi potensi pertumbuhan laba emiten. Kendati demikian, dia menyebut momen ini sangat tepat bagi investor yang mencari aset dengan harga terdiskon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyanti
Sumber: data 1 id
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.