Jejak Tangan Dingin Sang Naga Aguan Kuasai Properti Elite DKI

Sepekan ini, sosok Sugianto Kusuma alias Aguan ramai bergaung kian kencang menjadi pembicaraan hangat publik. Aguan yang merupakan salah satu Kelompok Sembilan Naga dan bos Agung Sedayu Group turun gunung memimpin langsung perusahaan PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI).

Yanita Petriella

24 Jun 2023 - 20.34
A-
A+
Jejak Tangan Dingin Sang Naga Aguan Kuasai Properti Elite DKI

Sosok Sugianto Kusuma atau Aguan. dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Sepekan ini, sosok Sugianto Kusuma alias Aguan ramai bergaung kian kencang didengar publik. Aguan yang merupakan salah satu Kelompok Sembilan Naga dan bos Agung Sedayu Group turun gunung untuk memimpin langsung perusahaan yang diakuisisi grupnya pada 2021 lalu, yakni PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk. (PANI) yang kini bertransformasi menjadi PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI). Aguan juga merupakan Komisaris Utama PT Danayasa Arthatama Tbk. (SCBD), emiten yang delisting pada 2020.

Sepak terjang Aguan dalam mengelola bisnis membuatnya kerap disebut sebagai bagian dari deretan Sembilan Naga atau The Gang of Nine. Julukan tersebut diberikan kepada para pengusaha yang memiliki gurita bisnis dan berpengaruh besar sejak masa Orde Baru.

Aguan yang lahir pada 1951 sempat berprofesi sebagai penjaga gudang dan asisten di sebuah kantor perusahaan impor. Perjalanan karier yang mengantarkannya menjadi konglomerat seperti sekarang berawal dari pertemuannya dengan seorang pemborong bangunan. Pertemanannya dengan pemborong tersebut membuat Aguan belajar tentang bisnis properti. 

Aguan memulai karirnya dengan turut serta membangun perusahaan properti, yakni Grup Agung Podomoro bersama dengan Trihatma Kusuma Haliman. Usai bekerja sama dengan Trihatma, pada 1971 dia memulai bisnis sendiri yang menjadi cikal bakal Agung Sedayu Group. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.