Jelajah EV 2023: Andalnya Pertamina di Ekosistem Mobil Listrik

Tim Jelajah Electric Vehicle (EV) 2023 Bisnis Indonesia membuktikan sendiri betapa mudahnya mengecas mobil di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) besutan Pertamina.

Aziz Rahardyan

11 Des 2023 - 13.54
A-
A+
Jelajah EV 2023: Andalnya Pertamina di Ekosistem Mobil Listrik

Tim Jelajah EV 2023 Bisnis Indonesia mencoba melakukan pengisian baterai di SPKLU besutan Pertamina./Bisnis-Suryo Hardiantoro

Bisnis, JAKARTA - Tim Jelajah Electric Vehicle (EV) 2023 Bisnis Indonesia membuktikan sendiri betapa mudahnya mengecas mobil di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) besutan Pertamina. 

Sekadar info, Tim Jelajah EV baru saja melakukan perjalanan pulang-pergi dari Jakarta ke Surabaya seminggu belakangan. Kami dua kali mengisi dari SPKLU Pertamina, yakni untuk memenuhi baterai pada saat berangkat, serta sekembalinya dari perjalanan luar kota.

Pengguna EV perlu mengunduh aplikasi MyPertamina untuk menggunakan SPKLU Pertamina. Klik menu 'EV Charging' untuk melihat lokasi dan ketersediaan konektor SPKLU sesuai kebutuhan mobil. 

Cara mengisi daya sama seperti SPKLU pada umumnya, yaitu scan kode konektor atau menggunakan kartu RFID khusus. Bahkan, apabila terjadi masalah, biasanya ada petugas Bright Store yang siap melayani. Biaya mengisi di seluruh SPKLU Pertamina adalah Rp2.475 per kWh.

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengungkap bahwa pembangunan infrastruktur pendukung EV merupakan salah satu langkah dalam ikut mendorong pemanfaatan green energy bagi bisnis. 

Baca Juga : Jelajah EV 2023: Tiga 'Culture Shock' Pakai Mobil Listrik 

"Mulai dari Biosolar dengan bauran energi terbarukan minyak sawit, terbaru Pertamax Green 95 dengan bauran etanol, sedang dikembangkan juga Sustainable Aviation Fuel [SAF] atau avtur dengan bauran nabati, serta saat ini kami juga mendukung percepaan ekosistem infrastruktur EV," ujarnya kepada Bisnis, Senin (11/12/2023).

Irto menjelaskan bahwa selain SPKLU, pihaknya juga memperbanyak Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk sepeda motor listrik dengan teknologi pengisian daya berbasis swap battery

Tim Jelajah EV 2023 Bisnis Indonesia mencoba melakukan pengisian baterai di SPKLU besutan Pertamina./Bisnis-Suryo Hardiantoro


"Saat ini tersedia di Jakarta dan Bali. Tepatnya, untuk SPKLU saat ini ada 6 unit yang beroperasi di Jakarta. Untuk SPBKLU, ada 46 unit swapping station yang tersebar di 21 SPBU di Jakarta dan Bali," tambahnya.

Ke depan, Pertamina akan terus memberikan nilai tambah bagi para pelanggan yang memilih energi bersih untuk menjalani aktivitasnya lewat layanan prima dan promo-promo menarik. 

"Ini akan terus kami lakukan, karena memang transisi energi sudah bagian dari program utama kami. Pertamina Patra Niaga akan coba terus evaluasi dan lakukan promo yang sesuai," tutupnya.

Baca Juga : Jelajah EV 2023: Keliling Semarang Sambil Berburu Kuliner Khas 

Sekadar informasi, Bisnis Indonesia Group berinisiatif menggelar program Jelajah EV untuk pertama kalinya, sebagai wujud peran aktif Bisnis Indonesia Group dalam menyampaikan informasi mengenai perkembangan ekosistem EV di Indonesia.

Tim Jelajah EV Bisnis Indonesia akan melakukan reportase langsung ke berbagai daerah. Sebanyak dua tim akan menempuh rute berbeda, yakni Jakarta–Surabaya dan Jakarta–Pulau Obi di Maluku Utara.

Tim Jelajah akan memotret berbagai dinamika pengembangan ekosistem EV, berikut peluang dan tantangan yang dihadapi, mulai dari hulu hingga hilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.