Jelajah EV 2023: Mencontoh Fasilitas SPKLU di Candi Prambanan

SPKLU di kompleks Candi Prambanan ini sempat diresmikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Aziz Rahardyan

7 Des 2023 - 13.18
A-
A+
Jelajah EV 2023: Mencontoh Fasilitas SPKLU di Candi Prambanan

SPKLU di Candi Prambanan, di mana merupakan salah satu contoh upaya menggalakkan Green Tourism di Indonesia. /Bisnis-Suryo Hardiantoro

Bisnis, SLEMAN – Pengelola destinasi pariwisata di Tanah Air perlu semakin terbuka terhadap potensi green tourism. Minimal dengan mulai menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di kantong parkirnya masing-masing.

Pasalnya, seiring perkembangan kendaraan listrik (EV) dengan teknologi jarak tempuh yang lebih canggih, penjualannya yang terus bertumbuh. Ditambah infrastruktur pendukung yang semakin mumpuni, tentu akan banyak pengguna EV yang berminat pergi berwisata menggunakan kendaraannya.

Tim Jelajah EV 2023 Bisnis Indonesia mencoba menyimulasikan situasi tersebut dalam program berkendara pulang-pergi dari Jakarta menuju Surabaya bersama Toyota BZ4X BEV. 

Baca juga: Kejar Ketertinggalan, Toyota Siapkan Enam Mobil Listrik Baru

Tim berkesempatan mampir ke Candi Prambanan untuk menjajal seperti apa rasanya membawa EV sembari berwisata melalui perjalanan darat pada Rabu (6/12/2023). 

Sejak berangkat dari Jakarta pada Senin (4/12/2023) malam, Tim Jelajah sempat mengisi daya di kawasan Cirebon dan Semarang. Berkeliling kota sebentar, kemudian melanjutkan perjalanan ke kompleks percandian yang berada di kawasan Sleman, Yogyakarta itu. 

Berdasarkan pandangan tim, papan arah penunjuk lokasi SPKLU sudah tergambar jelas sebelum memasuki kawasan pintu masuk. Ini terbilang baik, karena membantu memudahkan para pengguna EV yang butuh mengisi baterai sembari berwisata. 


Pelepasan Jelajah Electric Vehicle 2023 di Jakarta, Senin (4/12/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Baterai mobil SUV listrik yang dikendarai Tim Jelajah masih tersisa sekitar 40%, ketika tim memasuki SPKLU milik PLN yang berada di area parkir Candi Prambanan itu.

SPKLU tipe 60 kW yang memiliki 1 konektor AC dan 2 konektor DC itu memang tampak berdebu. Namun, mesin bisa beroperasi secara sempurna, tanpa masalah sejak pertama kali mencoba.

Tim memutuskan untuk membeli 20 kWh dengan total biaya akhir Rp52.750 dan waktu tunggu sekitar 1 jam 40 menit. Selama menanti, tim memutuskan untuk berjalan-jalan ke dalam kompleks candi, sembari berswafoto ria untuk mengabadikan momen. 

Kondisi pengisian daya baterai bisa terpantau lewat aplikasi. Ini membuat tim bisa memanfaatkan waktu tunggu secara efisien, kemudian bergegas melanjutkan perjalanan dengan hati yang tenang selepas proses pengisian daya selesai.

Baca juga: Pelepasan Jelajah Electric Vehicle 2023

SPKLU di kompleks Candi Prambanan ini sempat diresmikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, bersamaan dengan peresmian SPKLU serupa di kompleks Candi Borobudur pada pertengahan 2022.

Ini merupakan upaya untuk mendorong konsep green tourism pada destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) di Indonesia, terutama dari sisi transportasi.

Green tourism merupakan konsep pariwisata yang mendukung penggunaan energi bersih, visi berkelanjutan, dan aktivitas-aktivitas ramah lingkungan.

"Ini juga bisa menjadi bukti bahwa Indonesia serius dalam mengembangkan kendaraan listrik dan menciptakan energi bersih," ujar Luhut kala itu.

Sebagai informasi, Bisnis Indonesia Group berinisiatif menggelar program Jelajah EV untuk pertama kalinya sebagai wujud peran aktif perusahaan dalam menyampaikan informasi mengenai perkembangan ekosistem EV di Indonesia.

Tim Jelajah EV 2023 Bisnis Indonesia akan melakukan reportase langsung ke berbagai daerah. Sebanyak dua tim akan menempuh rute berbeda, yakni Jakarta–Surabaya dan Jakarta–Pulau Obi di Maluku Utara.

Tim Jelajah akan memotret berbagai dinamika pengembangan ekosistem EV, peluang, dan tantangan yang dihadapi mulai dari hulu hingga hilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.