JELAJAH LEBARAN 2024: Menilik Antusiasme Pemudik di Pelabuhan Merak

Antusias masyarakat untuk pulang kampung dengan menyeberang pulau makin tinggi. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan strategi untuk mengurai padatnya kendaraan di pelabuhan.

Rizqi Rajendra

6 Apr 2024 - 19.22
A-
A+
JELAJAH LEBARAN 2024: Menilik Antusiasme Pemudik di Pelabuhan Merak

Suasana Pelabuhan Merak pada H-4 Lebaran 2024

Bisnis, BANTEN – Pelabuhan Merak, Banten terpantau dipadati ribuan kendaraan pemudik yang hendak menyeberang ke Bakauheni. Hal tersebut menandakan tingginya antusiasme pemudik pada momentum mudik Lebaran 2024 atau Idulfitri 1445 H.

Pantauan Bisnis di lokasi, pada Sabtu (6/4/2024), sekitar pukul 01.15 WIB, antrean kendaraan pemudik sudah mulai mengular setidaknya sepanjang 4 kilometer sebelum pintu masuk Pelabuhan Merak, namun antrean tersebut masih terbilang cukup kondusif.

Adapun, para penumpang kapal reguler juga terpantau memadati loket antrean untuk menaiki kapal. Mereka ingin menyeberangi Selat Sunda menuju Provinsi Lampung.

Sejumlah kapal feri pun tiba silih berganti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang maupun berbagai kendaraan seperti mobil pemudik hingga bus berkapasitas besar.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) selaku stakeholder penyeberangan mengatakan telah melakukan mitigasi dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2024 dengan meningkatkan kapasitas penampungan. Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak pun diprediksi berlangsung pada hari ini hingga besok, Minggu (7/4/2024) atau H-3 Lebaran.

Baca juga: Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Buat Mudik Lebaran 2024

Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP M Yusuf Hadi mengatakan, Pelabuhan Merak dapat menampung hingga 6.026 kendaraan kecil, atau meningkat 500 unit kendaraan dari jumlah sebelumnya sebesar 5.526 unit kendaraan kecil pada angkutan Lebaran 2023.

Dermaga 2 Pelabuhan Merak juga telah selesai ditingkatkan kapasitasnya dari 3.000 GRT menjadi 10.000 GRT sehingga memungkinkan untuk kapal besar bersandar. Efeknya, kapasitas angkut kapal naik menjadi 31.299 kendaraan kecil dibandingkan realisasi tahun sebelumnya 30.463 unit kendaraan kecil. 

Yusuf mengatakan, tahun ini ASDP dapat memanfaatkan lahan pelabuhan Indah Kiat yang bersebelahan persis dengan dermaga 7 pelabuhan Merak untuk menjadi kantong parkir atas izin dari Pelindo. 

"Jadi, ketika Merak terpantau padat, bisa dialirkan menuju kantong parkir Indah Kiat dengan daya tampung mencapai 300 unit kendaraan," ujar Yusuf dalam keterangan yang diterima Bisnis.


Suasana Pelabuhan Merak pada H-4 Lebaran 2024Pada angkutan Lebaran 2024, kapasitas pelabuhan naik 5% dari total 10.688 kendaraan kecil tahun lalu menjadi 11.188 kendaraan kecil pada 2024. Sementara itu, kapasitas kapal meningkat 2% dari sebelumnya dapat memuat 36.323 kendaraan, kini menjadi 37.159 kendaraan.

Antusiasme Pemudik

Sejumlah pemudik mengaku antusias untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman menggunakan kapal feri di Pelabuhan Merak. Misalnya, Dicky (28), salah seorang pemudik asal Bekasi mengatakan bahwa dia dan keluarganya rutin untuk mudik ke Lampung via Pelabuhan Merak.

"Saya rutin mudik lewat Pelabuhan Merak kira-kira sejak 2017. Saya pilih tiketnya yang ekspres karena lebih cepat, terjangkau, dan aman juga," ujar Dicky saat ditemui Bisnis di lokasi.

Lebih lanjut dia mengatakan, selama sekitar 7 tahun rutin melakukan perjalanan mudik via Pelabuhan Merak. Menurutnya fasilitas di pelabuhan tersebut mengalami perkembangan yang signifikan.

Baca juga: MOBILITAS IDULFITRI : Semarak Mudik Lebaran

Pemudik asal Bekasi lainnya, Ramadhania (23) mengatakan memilih Pelabuhan Merak sebagai opsi mudik karena lebih murah dibandingkan naik pesawat.

"Apalagi untuk arus mudik sekarang kan tiket pesawat pada naik, jadi memang seringnya naik kapal," jelasnya.

Menurutnya, sejauh ini fasilitas di Pelabuhan Merak cukup baik, dengan pemesanan tiket yang mudah dan petugas pelabuhan yang juga responsif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.