JELAJAH LEBARAN 2024: Pantai Parangtritis Tetap Jadi Destinasi Favorit

Dari pantauan Bisnis di lokasi, pada Rabu (10/4/2024) sekitar pukul 13.00 WIB atau beberapa jam setelah salat Idulfitri 1445 H, tampak para wisatawan mulai ramai mendatangi Pantai Parangtritis.

Rizqi Rajendra

10 Apr 2024 - 17.48
A-
A+
JELAJAH LEBARAN 2024: Pantai Parangtritis Tetap Jadi Destinasi Favorit

Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu destinasi wisata favorit saat Idulfitri, Rabu (10/4/2024). (Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Bisnis, YOGYAKARTA — Debur ombak Pantai Parangtritis yang tenang, semilir angin, pasir putih, dan sinar matahari yang tidak terlalu terik seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke kawasan pantai selatan Yogyakarta itu.

Terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Pantai Parangtritis selalu menjadi salah satu destinasi wisata favorit pada saat Lebaran. Tahun ini pun, Pantai Parangtritis kembali dipadati wisatawan. 

Dari pantauan Bisnis di lokasi, pada Rabu (10/4/2024) sekitar pukul 13.00 WIB atau beberapa jam setelah salat Idulfitri 1445 H, tampak para wisatawan mulai ramai mendatangi Pantai Parangtritis. 

Mereka umumnya datang bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Bahkan, tak sedikit di antara wisatawan yang berkunjung masih mengenakan pakaian kaftan khas Idulfitri.

Para pengunjung pun tampak asyik berswafoto ria, maupun menaiki berbagai wahana yang ada di Pantai Parangtritis seperti All Terrain Vehicle (ATV), Jeep wisata, hingga andong.

Adapun, untuk tarif masuk Pantai Parangtritis dibanderol seharga Rp10.000, tetapi untuk tarif sewa ATV hingga andong berkisar Rp50.000 hingga Rp100.000.

Baca juga:

Mengintip Faktor di Balik Kelancaran Lalu Lintas Mudik Lebaran 2024

Rute Khusus Liburan Naik Transjakarta pada Lebaran 2024

Geliat Perputaran Ekonomi Mudik Lebaran 2024

Mudik dan Ragam Tradisi Unik Lebaran di Negara Mayoritas Muslim

Tak hanya warga sekitar, wisatawan di Pantai Parangtritis juga datang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan beberapa di antaranya datang dari luar Pulau Jawa. Salah satunya adalah Chandra Sinaga (58). Wisatawan asal Medan, Sumatra Utara itu mengaku sengaja datang ke Yogyakarta untuk menikmati keindahan alamnya, terutama Pantai Parangtritis.

“Kami sekeluarga dari Medan, kurang lebih berlibur seminggu di Jogja, karena liburan panjang jadi kami mau cari suasana baru, terutama pantainya,” ujarnya saat ditemui Bisnis di lokasi.

  1. Pengunjung berwisata di Pantai Parangtritis, Bantul, D.I Yogyakarta, Rabu (10/4/2024). Pada hari H Idulfitri 1445 H tempat wisata Pantai Parangtritis mulai ramai didatangi pengunjung dan diperkirakan tingkat kunjungan ke tempat tersebut akan terus meningkat selama libur Lebaran 2024. JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti


Sebagai gambaran, di sepanjang Pantai Parangtritis juga tersedia beragam sajian kuliner yang menjual berbagai makanan seperti ikan bakar, ayam bakar, hingga es kelapa muda. Fasilitas di Pantai Parangtritis pun cukup lengkap seperti toilet hingga musala.

Adapun, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 135.000 orang ke destinasi wisata daerah ini selama libur dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1445 H atau selama periode 8 hingga 15 April 2024.

Target kunjungan wisata tersebut adalah akumulasi yang berkunjung ke semua destinasi wisata Bantul mulai dari objek pantai di sepanjang pantai selatan dan sejumlah objek wisata alam yang dikelola pemerintah daerah.

Objek wisata kawasan Pantai Parangtritis diprediksi masih menjadi destinasi andalan bagi wisatawan yang berkunjung ke Bantul, kemudian objek wisata di Desa Wisata Mangunan Dlingo.

Oleh sebab itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul bersama dengan stakeholder pariwisata di antaranya pengelola destinasi wisata, pengelola desa wisata, dan usaha jasa pariwisata berupaya untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang akan menikmati Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.