Jelajah Pelabuhan 2023: Jeritan Sopir Truk Lawan Praktik Pungli

Pungutan liar atau pungli masih menjadi momok bagi para pengemudi truk yang akan membawa muatan mereka ke pelabuhan atau tempat lainnya.

Lukman Nur Hakim

20 Okt 2023 - 13.09
A-
A+
Jelajah Pelabuhan 2023: Jeritan Sopir Truk Lawan Praktik Pungli

Dua truk melintas di Kawasan Industri Karawang, Jawa Barat, Kamis (19102023). BisnisAdam Rumansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Pungutan liar atau pungli masih menjadi momok bagi para pengemudi truk yang akan membawa muatan mereka ke pelabuhan atau tempat lainnya. Salah satu pengemudi truk, Hendra menguak praktik culas di sekitar kawasan industri.


Hendra menjabarkan beberapa tempat dirinya sering terkena praktik pungli, salah satunya saat keluar dari pabrik pengambilan barang. Selain di dekat pabrik, pengemudi juga terkena pungli di depo penyimpanan baru yang akan di bongkar ataupun muat.


“Kalau di depo kan itu uang muat, kalo kita nggak ngasih ya nggak dimuat, serba salah,” kata Hendra saat ditemui tim Jelajah Pelabuhan di Kawasan Industri Karawang, Kamis (19/10/2023).


Pengemudi yang membawa bahan tekstil dari Purwakarta menuju Pelabuhan Tanjung Priok ini menilai bahwa untuk menghindari praktik pungli cukup sulit. Sebab, belum adanya aturan ketat yang akan membuat pelaku jera.


Nggak ada caranya (hindari pungli). Kadang udah hilang eh ada lagi, Nggak bisa dihilangkan, susah. Harus ditetapkan peraturannya, kalo tidak ya akan kena lagi,” ujarnya.


Kendati sering terkena pungli, Hendra mengatakan bahwa dirinya sangat terbantu dengan transformasi yang dilakukan pihak PT Pelabuhan Indonesia (Persero) terkait dengan sistem booking untuk aktifitas bongkar muat.


Sebab, saat ini dirinya tidak perlu pusing untuk antre masuk karena sudah adanya kepastian kapan harus masuk ke terminal bongkar muat. “Kalau sistem booking enak kitanya nggak pusing, kalau di boking udah ada yang ngurus EMKL (Ekspedisi Muatan Kapal Laut) nya. kita tinggal muat,” ucap Hendra.


Dalam kesempatan yang sama, Bisnis Indonesia Group lewat tim Jelajah Pelabuhan 2023 menyambangi dua kawasan industri di Cikarang dan Karawang guna melihat secara langsung aktivitas terkini dari lalu lintas di sana.


Sebab, dua kawasan industri ini merupakan titik strategis karena berdekatan dengan Jakarta. Selain itu, dua kawasan ini juga berdekatan dengan dua pelabuhan besar, yaitu Pelabuhan Patimbang di bagian Timur dan Pelabuhan Tanjung Priok di bagian Barat.


Tidak hanya pelabuhan, dua kawasan tersebut juga berdekatan dengan satu kawasan industri lagi, yaitu Purwakarta. Letak strategis ini membuat Cikarang dan Karawang menjadi kawasan sibuk karena banyak kendaraan besar yang hilir mudik melewati wilayah mereka.


Dua truk melintas di Kawasan Industri Karawang, Jawa Barat, Kamis (19/10/2023). Bisnis/Adam Rumansyah


Dalam pantauan tim Jelajah Pelabuhan pada, Kamis (19/10/2023) kawasan industri Karawang memiliki tingkat kepadatan yang lumayan ramai. Kepadatan ini mulai terjadi pada saat memasuki area keluar tol Karawang. 


Meski adanya antrean di gerbang tol, saat truk dan mobil keluar tol tidak terjadi antrean atau penumpukan di jalan raya sekitar. Sedangkan saat masuk ke kawasan industri, aktivitas di lokasi ini cukup ramai meski tidak terjadi penumpukan kendaraan.


Lanjut ke Cikarang, pada wilayah yang berdekatan dengan Jakarta ini nampak sama seperti Karawang hanya terjadi keramaian pada saat keluar gerbang tol. Saat tim tiba di pintu masuk tol Cikarang arah ke Jakarta terdapat penumpukan kendaraan, namun tidak membuat perjalanan tersendat terlalu lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.