Jelajah Pelabuhan 2023: Tol Pelindo Perlancar Arus Logistik

Keberadaan jalan bebas hambatan ditujukan untuk memudahkan pergerakan arus barang dari kawasan industri ke pelabuhan. Salah satu upaya ini dilakukan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) lewat pengelolaan jalan tol Cibitung-Cilincing.

Lukman Nur Hakim

21 Okt 2023 - 00.36
A-
A+
Jelajah Pelabuhan 2023: Tol Pelindo Perlancar Arus Logistik

Antrian masuk truk membawa petikemas di depan Terminal Petikemas Koja, Tanjung Priok, Jumat (20/10/2023). Bisnis/Adam Rumansyah.

Bisnis.com, JAKARTA - Pembangunan infrastruktur jalan raya dan jalan tol merupakan salah satu cara untuk memudahkan mobilisasi angkutan orang maupun angkutan barang atau logistik.

Keberadaan jalan bebas hambatan ditujukan untuk memudahkan pergerakan arus barang dari kawasan industri ke pelabuhan. Salah satu upaya ini dilakukan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) lewat pengelolaan jalan tol Cibitung-Cilincing. 

Pengelolaan infrastruktur tol ini dilakukan oleh cucu usaha Pelindo yakni PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways yang 100 persen sahamnya dimiliki oleh entitas anak perusahaan yakni PT Akses Pelabuhan Indonesia dan PT Menara Maritim Indonesia.

Selain menghubungkan antara Cibitung dan Cilincing, tol ini juga terhubung dengan alan Tol Cimanggis–Cibitung dan Jalan Tol Jakarta–Cikampek di bagian selatan. Termasuk terkoneksi dengan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di bagian utara.

Menurut Direktur Utama PT Pelindo Solusi Logistik, Joko Noerhudha, infrastruktur tersebut bukan sekadar peluang bisnis bagi perusahaan, melainkan bertujuan strategis untuk membuka akses kepelabuhan.

Dia menjelaskan keterlibatan Pelindo di Jalan Tol Cibitung-Cilincing menjadi salah satu tanggung jawab untuk memperlancar arus distribusi kendaraan yang semakin padat di kawasan Tanjung Priok.

Untuk mengetahui kondisi dan situasi aktifitas Bisnis Indonesia lewat tim Jelajah Pelabuhan 2023 menyambangi sekitar jalan tol Cibitung-Cilincing beberapa hari lalu.

Berdasarkan pantauan tim Jelajah Pelabuhan di sekitar tol belum terlihat adanya penumpukan di pintu keluar dari tol yang mengarah ke pelabuhan Tanjung Priok.

Sebuah truk membawa petikemas keluar dari jalan Tol Cakung-Pelabuhan, Tanjung Priok, Jumat (20/10/2023). Bisnis/Adam Rumansyah

Namun, pada pintu masuk terminal petikemas milik Koja terdapat adanya antrean untuk masuk kedalam terminal.

Di lain sisi, untuk lalu lintas dari arah Priok ke Tol Cibitung Cilincing terdapat kepadatan di jalan raya yang mengarah ke pintu masuk tol. Akan tetapi, kepadatan terurai saat memasuki jalan Cakung-Cilincing.

Di waktu bersamaan, tim juga melakukan pemantauan kembali di wilayah IPC Terminal Petikemas (IPC TPK). 

Dalam pantauan tim Jelajah Pelabuhan, tampak adanya antrean yang terjadi pada pintu masuk ke terminal IPC TPK. Namun, antrean hanya terjadi di pintu masuk terminal dan tidak terjadi didalam terminal dari IPC TPK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.