Jembatan Terpanjang di RI, Proyek Batam-Bintan, Segera Dibangun

Pemerintah akan segera membangun jembatan Batam-Bintan yang bakal menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Jaffry Prabu Prakoso

27 Jan 2023 - 16.55
A-
A+
Jembatan Terpanjang di RI, Proyek Batam-Bintan, Segera Dibangun

Ilustrasi jembatan antarpulau. /Kemenkeu

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah akan segera membangun jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dan Pulau Bintan di Kepulauan Riau pada tahun ini. Jembatan ini digadang-gadang akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia yaitu mencapai 14,75 kilometer.

Proyek jembatan Batam-Bintan akan dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Selain itu, proyek ini juga termasuk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku penanggung jawab proyek kerja sama (PJPK) Jembatan Batam-Bintan tengah melakukan percepatan atas proyek tersebut bersama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.


Rencana pembangunan Jembatan Batam-Bintan. /Kementerian PUPR


Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan bahwa proyek Jembatan Batam-Bintan termasuk dalam daftar proyek KPBU pada tahun ini. Investasi untuk pembangunan Jembatan Batam-Bintan mencapai Rp14,74 triliun. 

Berdasarkan informasi pada laman resmi Kemenkeu, proyek Jembatan Batam-Bintan diharapkan mampu mempercepat pemerataan pembangunan dan mengurangi biaya logistik antara Pulau Batam dan Pulau Bintan. Selain itu juga dapat mengefisiensikan mobilitas kendaraan dari kedua wilayah di Kepulauan Riau tersebut.

Jembatan Batam-Bintan direncanakan akan dibangun sepanjang 14,74 Km dengan pembagian 7,98 km untuk porsi KPBU (Pulau Bintan-Pulau Tanjung Sauh) dan 6,76 Km untuk porsi dukungan pemerintah (Pulau Tanjung Sauh-Pulau Batam) yang akan bersumber dari pinjaman luar negeri.

Baca juga: Menilik Skema KPBU Jadi Andalan Pemerintah Bangun Infrastruktur

Saat ini, sedang dilakukan review kajian lalu lintas oleh PT PII terkait dengan minimum revenue guarantee (MRG) untuk memitigasi risiko arus lalu lintas yang tidak sesuai dengan proyeksi pada saat awal operasi.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna dalam RDP dengan Komisi V DPR pada Selasa (24/1/2023), proyek tersebut saat ini memasuki tahap finalisasi final business case (FBC).

Lalu, penandatanganan MoU atas pembagian tugas dan tanggung jawab antara Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Baca juga: Proyek Tol Akses Patimban Mulai Dibangun Bakal Selesai di 2024

Prakualifikasi proyek tersebut ditargetkan bakal dilakukan pada kuartal III/2023. Rencananya jembatan dengan total panjang 14,74 kilometer ini akan terbagi menjadi 7,68 jembatan dan 7,06 jalan tol.

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan bahwa pemerintah telah mendapatkan dana pinjaman dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) senilai US$300 juta atau setara Rp4,4 triliun.

Menurutnya, dibangunnya jembatan Batam-Bintan ini juga sejalan dengan program pemerintah pusat dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan menjadikan Kepulauan Riau sebagai Kawasan Strategis Perekonomian Nasional (KSPN). 

Nantinya, jembatan ini diharapkan dapat memudahkan mobilitas kendaraan dari kedua wilayah. 


Selain melancarkan mobilitas kendaraan. Kehadiran jembatan ini juga akan memperlancar mobilitas orang, barang, dan uang yang muaranya bisa meningkatkan percepatan pertumbuhan perekonomian kedua wilayah. Kemudian, menjalar ke wilayah-wilayah lainnya. 

“Sebagai kawasan yang ditunjuk oleh Pemerintah Pusat menjadi Kawasan Strategis Perekonomian Nasional, tentu saja Kepri harus didukung dengan berbagai infrastruktur penunjang yang memadai. Jembatan Batam-Bintan ini nantinya akan menjadi jembatan yang terpanjang di Indonesia, ikonik dan usefull bagi masyarakat Kepri dan tentu menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia,” ujar Ansar. (Fitri Sartina Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.